STUDI LITERATUR TENTANG PEMANFAATAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) DAN DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) UNTUK MENGURANGI KEJADIAN ANEMIA PADA WANITA USIA SUBUR

VIRGINIA, VONNY ERDLAN (2023) STUDI LITERATUR TENTANG PEMANFAATAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) DAN DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) UNTUK MENGURANGI KEJADIAN ANEMIA PADA WANITA USIA SUBUR. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I2.0040-Vonny Erdlan Virginia-COVER_a.pdf

Download (777kB)
[img] Text
18.I2.0040-Vonny Erdlan Virginia-BAB I_a.pdf

Download (766kB)
[img] Text
18.I2.0040-Vonny Erdlan Virginia-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
18.I2.0040-Vonny Erdlan Virginia-BAB III_a.pdf

Download (437kB)
[img] Text
18.I2.0040-Vonny Erdlan Virginia-BAB IV_a.pdf

Download (678kB)
[img] Text
18.I2.0040-Vonny Erdlan Virginia-BAB V_a.pdf

Download (295kB)
[img] Text
18.I2.0040-Vonny Erdlan Virginia-DAPUS_a.pdf

Download (556kB)
[img] Text
18.I2.0040-Vonny Erdlan Virginia-LAMP_a.pdf

Download (369kB)

Abstract

Anemia merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang sering terjadi pada wanita, khususnya pada saat menginjak usia subur dan saat hamil. Untuk mencegah kejadian anemia pada Wanita Usia Subur (WUS), diperlukan asupan nutrisi makro dan mikro yang baik dan seimbang. Pemenuhan nutrisi tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi pangan lokal. Kacang hijau dan daun kelor merupakan pangan lokal yang memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dapat mencegah dan mengurangi kejadian anemia. Tujuan dari penelitian berbasis studi literatur ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan potensi dan manfaat kesehatan kacang hijau dan daun kelor yang berhubungan dengan anemia. Selain itu, dilakukan pengulasan untuk membuktikan peluang pengaruh konsumsi kacang hijau dan daun kelor terhadap peningkatan hemoglobin pada WUS. Terdapat 4 tahapan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan literatur, penyaringan literatur serta analisis dan tabulasi data. Pada hasil analisis data ditemukan total 30 data dari jurnal yang kemudian dibahas dalam pembahasan. Hasil penelitian ini adalah terdapat 5 kandungan nutrisi pada kacang hijau dan daun kelor yang dapat mencegah kejadian anemia, yaitu zat besi yang dapat membentuk sel darah merah sehingga meningkatkan kadar hemoglobin dan serum feritin; protein dan vitamin C yang dapat meningkatkan ketersediaan zat besi dalam makanan serta menghindari zat pengkelat zat besi; seng yang dapat berpartisipasi dalam sintesis dan degradasi protein dan zat besi serta vitamin A yang memiliki serum retinol yang berhubungan dengan indikator zat besi. Pengaruh konsumsi kacang hijau dan daun kelor dibuktikan dengan penelitian pre-test post-test yang menunjukkan peningkatan hemoglobin pada WUS. Terdapat beberapa zat anti nutrisi pada kacang hijau dan daun kelor, namun dapat diminimalisir aktivitasnya dengan metode pemanasan/ pemasakan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ditemukan kandungan nutrisi pada kacang hijau dan daun kelor yang dapat berfungsi untuk mencegah kejadian anemia pada WUS. Pengaruh konsumsi kacang hijau dan daun kelor telah terbukti dapat mencegah dan mengurangi kejadian anemia dengan meningkatkan hemoglobin serta serum ferritin. Pengaruh peningkatan dapat dilihat setelah minimal dikonsumsi selama 7 hari hingga 6 bulan tergantung pada individu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:48
Last Modified: 04 Apr 2023 01:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31359

Actions (login required)

View Item View Item