REVIEW : PEMANFAATAN JANTUNG PISANG (Musa spp.), DAUN KATUK (Sauropus androgynus), DAN PEPAYA (Carica papaya L.) UNTUK PRODUKSI ASI

AGSTEFINI, AFELLIA (2023) REVIEW : PEMANFAATAN JANTUNG PISANG (Musa spp.), DAUN KATUK (Sauropus androgynus), DAN PEPAYA (Carica papaya L.) UNTUK PRODUKSI ASI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-COVER_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-BAB I_a.pdf

Download (414kB)
[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-BAB III_a.pdf

Download (541kB)
[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-BAB IV_a.pdf

Download (485kB)
[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-BAB V_a.pdf

Download (869kB)
[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-BAB VI_a.pdf

Download (302kB)
[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-DAPUS_a.pdf

Download (553kB)
[img] Text
18.I2.0025-Afellia Agstefini-LAMP_a.pdf

Download (334kB)

Abstract

Air Susu Ibu atau ASI merupakan asupan nutrisi utama yang dibutuhkan saat bayi berusia 0 hingga 6 bulan. Kecukupan ASI ibu menyusui diperlukan selama ibu menyusui. Pemberian ASI eksklusif dapat mengurangi resiko permasalahan gizi pada bayi, salah satunya mencegah resiko stunting atau gagal tumbuh. Pemenuhan nutrisi ibu dari asupan pangan diperlukan dalam rangka mendukung kelancaran produksi ASI. Bahan pangan lokal memiliki beberapa nutrisi yang baik dalam mendukung produksi ASI seperti jantung pisang, daun katuk, dan pepaya. Tujuan penelitian studi literatur ini adalah untuk mengidentifikasi peluang pemanfaatan jantung pisang, daun katuk, dan pepaya sebagai asupan tambahan ibu menyusui untuk membantu peningkatan produksi ASI. Metode penelitian dilakukan melalui empat tahap antara lain identifikasi permasalahan, pengumpulan, penyaringan literatur, dan analisa serta tabulasi data. Proses analisis data memperoleh 28 data dari literatur jurnal yang kemudian diolah dan dibahas dalam pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan ada 6 kandungan nutrisi pada jantung pisang, daun katuk, dan pepaya yang membantu kinerja hormon prolaktin dan oksitosin dalam memproduksi ASI, antara lain polifenol, steroid, alkaloid, flavonol, protein, serta vitamin A. Adanya pengaruh konsumsi jantung pisang, daun katuk, dan pepaya dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan peningkatan volume ASI dan prolaktin pada ibu menyusui. Beberapa antinutrisi dan resiko toksik ditemukan dalam bahan pangan, namun resiko tersebut dapat dicegah dengan dilakukannya pengolahan pada bahan pangan. Kesimpulan penelitian ini adalah kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif dalam daun katuk, jantung pisang, dan pepaya dapat membantu meningkatkan kinerja hormon prolaktin dan oksitosin dalam produksi ASI. Konsumsi produk daun katuk, jantung pisang, dan pepaya terbukti dapat membantu kecukupan ASI ibu menyusui dengan meningkatkan volume ASI dan kadar prolaktin dengan konsumsi minimal 3 hari hingga 90 hari tergantung pada jenis olahan dan kebutuhan masing-masing individu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:47
Last Modified: 04 Apr 2023 01:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31355

Actions (login required)

View Item View Item