KANDUNGAN GIZI DAN EVALUASI SENSORI KROKET YANG DIPERKAYA DENGAN DAUN KATUK (Sauropus androgynus) DAN DAUN KROKOT (Portulaca oleracea L.) UNTUK ANAK BALITA DALAM MENCEGAH STUNTING

GOEJANTO, NOVELLI KAWI (2023) KANDUNGAN GIZI DAN EVALUASI SENSORI KROKET YANG DIPERKAYA DENGAN DAUN KATUK (Sauropus androgynus) DAN DAUN KROKOT (Portulaca oleracea L.) UNTUK ANAK BALITA DALAM MENCEGAH STUNTING. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I2.0004-NOVELLI KAWI GOEJANTO-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.I2.0004-NOVELLI KAWI GOEJANTO-BAB I_a.pdf

Download (318kB)
[img] Text
18.I2.0004-NOVELLI KAWI GOEJANTO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
18.I2.0004-NOVELLI KAWI GOEJANTO-BAB III_a.pdf

Download (641kB)
[img] Text
18.I2.0004-NOVELLI KAWI GOEJANTO-BAB IV_a.pdf

Download (257kB)
[img] Text
18.I2.0004-NOVELLI KAWI GOEJANTO-BAB V_a.pdf

Download (126kB)
[img] Text
18.I2.0004-NOVELLI KAWI GOEJANTO-DAPUS_a.pdf

Download (267kB)
[img] Text
18.I2.0004-NOVELLI KAWI GOEJANTO-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Stunting adalah masalah kesehatan yang bersifat kronis dan sering terjadi pada anak balita dengan ciri bertubuh pendek. Masalah kesehatan ini sering terjadi di Negara berkembang, termasuk Indonesia. Faktor penyebab stunting adalah status gizi ibu saat hamil kurang baik, bayi tidak mendapatkan ASI secara eksklusif, pendidikan orang tua, kondisi ekonomi, kurangnya asupan nutrisi, paparan infeksi serta sanitasi dan kondisi air yang kurang baik. Stunting juga dapat berdampak dalam jangka waktu pendek hingga jangka panjang. Dampak yang terjadi dalam jangka pendek adalah gangguan kognitif dengan rendahnya tingkat kecerdasan dan dalam jangka panjang dapat berdampak pada sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi terbaik kroket yang menggunakan bahan pangan lokal dengan kandungan nutrisi tinggi energi dan protein serta diperkaya Vitamin A dan antioksidan, untuk mengetahui kandungan nutrisi serta mengetahui tingkat penerimaan tertinggi dari produk kroket melalui analisis sensori. Snack umami merupakan makanan ringan yang dibuat dalam porsi kecil menggunakan bahan pangan hewani maupun nabati dan memiliki rasa yang asin serta gurih. Bahan pangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bahan pangan lokal Indonesia yaitu daun katuk dan daun krokot. Pada penelitian ini terdapat 4 formulasi yang berbeda yaitu formulasi 0 tanpa penambahan daun katuk dan daun krokot, formulasi 1 dengan penambahan daun katuk 50 gram dan daun krokot 50 gram, formulasi 2 dengan penambahan daun katuk 100 gram dan daun krokot 100 gram dan formulasi 3 dengan penambahan daun katuk 150 gram dan daun krokot 150 gram. Metode penelitian yang akan dilaksanakan adalah main research yang terdiri dari desain konseptual produk dan optimalisasi formulasi, analisis sensori, uji proksimat dan analisis statistik. Data akan diolah menggunakan SPSS one way ANOVA. Dari hasil uji yang dilakukan, adanya penambahan komposisi daun katuk dan krokot menyebabkan peningkatan pada kadar air, kadar lemak, kadar protein dan kandungan betakaroten. Juga terdapat penurunan hasil uji pada kadar abu, kadar karbohidrat, total kalori serta aktivitas antioksidan. Dengan adanya penambahan daun katuk dan daun krokot ke dalam adonan juga menyebabkan adanya perubahan tekstur dan rasa yang dapat mempengaruhi tingkat penerimaan kroket. Berdasarkan hasil uji sensori, formulasi dengan penambahan daun katuk dan daun krokot terbaik yang disukai oleh anak balita adalah formulasi 2 (daun katuk 100 gram dan daun krokot 100 gram). Kesimpulan dari penelitian ini adalah formulasi terbaik pada kroket ini adalah formulasi 3 dengan kandungan protein lebih tinggi dan kalori lebih kecil, namun kebutuhan kalori balita yang berasal dari kroket tetap dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:19
Last Modified: 04 Apr 2023 01:19
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31354

Actions (login required)

View Item View Item