PELAKSANAAN TUGAS PPID UTAMA DI DINKOMINFOTIK KABUPATEN BREBES DALAM PELAYANAN DAN PENYEDIAAN INFORMASI PUBLIK TAHUN 2022

PRASASTI, FLORENTINA (2023) PELAKSANAAN TUGAS PPID UTAMA DI DINKOMINFOTIK KABUPATEN BREBES DALAM PELAYANAN DAN PENYEDIAAN INFORMASI PUBLIK TAHUN 2022. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
19.M1.0052-FLORENTINA PRASASTI-COVER_a.pdf

Download (568kB)
[img] Text (BAB I)
19.M1.0052-FLORENTINA PRASASTI-BAB I_a.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB II)
19.M1.0052-FLORENTINA PRASASTI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB III)
19.M1.0052-FLORENTINA PRASASTI-BAB III_a.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
19.M1.0052-FLORENTINA PRASASTI-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
19.M1.0052-FLORENTINA PRASASTI-BAB V_a.pdf

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19.M1.0052-FLORENTINA PRASASTI-DAPUS_a.pdf

Download (394kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.M1.0052-FLORENTINA PRASASTI-LAMP_a.pdf

Download (680kB)

Abstract

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh hubungan masyarakat (humas) adalah kegiatan pelayanan. Kegiatan pelayan ini diatur dalam Pasal 1 ayat 1 Undangundang Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Pelayanan yang dilakukan oleh humas bertujuan agar mendapatkan pemahaman dari masyarakat, serta menghindari kesalahpahaman dalam penyampaian yang dapat berujung pada pandangan negatif masyarakat terhadap organisasi. Pemahaman tersebut biasanya mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan oleh pemerintah dan kebijakan apasaja yang dibuat oleh pemerintah, hal tersebut menjadi alasan mengapa keterbukaan informasi publik ini perlu dilaksanakan. Keterbukaan informasi ini diatur dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008. Dalam Badan Publik terdapat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai badan yang bertugas melakukan pelayanan, penyediaan serta pendokumentasian informasi untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tugas yang dijalankan oleh PPID pada Dinkominfotik Kabupaten Brebes selaku PPID Utama dalam pelayanan serta penyediaan informasi publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif Analitis dimana data didapatkan dari hasil obeservasi, wawancara dan dokumentasi yang setelah itu dianalisa dan dikelola melalu tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan tugas apa saja yang dilakukan sebagai PPID Utama. Sebagai PPID Utama Dinkominfotik Kabupaten Brebes melakukan kegiatan penyediaan, penerbitan, pelayanan, pendokumentasian, pembangunan sistem informasi, pengkategorian informasi serta kegiatan kegiatan lain yang berkaitan dengan pelayanan dan penyediaan informasi publik yang pelaksanaanya dapat diakses pada situs ppid.brebeskab.go.id atau media sosial milik Dinkominfotik Kabupaten Brebes. Dapat ditarik kesimpulan bahwa PPID Utama Dinkominfotik Kabupaten Brebes telah melaksanakan tugasnya sebagai PPID Utama sesuai dengan Pasal 12 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2017.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:53
Last Modified: 31 Mar 2023 02:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item