PENGARUH EFEKTIVITAS INSTAGRAM @HUMAS.JATENG SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

MARGARETHA, CHRISTINA (2023) PENGARUH EFEKTIVITAS INSTAGRAM @HUMAS.JATENG SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
19.M1.0029-CHRISTINA MARGARETHA-COVER_a.pdf

Download (875kB)
[img] Text (BAB I)
19.M1.0029-CHRISTINA MARGARETHA-BAB I_a.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB II)
19.M1.0029-CHRISTINA MARGARETHA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB III)
19.M1.0029-CHRISTINA MARGARETHA-BAB III_a.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB IV)
19.M1.0029-CHRISTINA MARGARETHA-BAB IV_a.pdf

Download (991kB)
[img] Text (BAB V)
19.M1.0029-CHRISTINA MARGARETHA-BAB V_a.pdf

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19.M1.0029-CHRISTINA MARGARETHA-DAPUS_a.pdf

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.M1.0029-CHRISTINA MARGARETHA-LAMP_a.pdf

Download (431kB)

Abstract

Penggunaan media sosial khususnya Instagram telah dimanfaatkan oleh humas instansi pemerintah termasuk Sekretariat Daerah (SETDA) Provinsi Jawa Tengah, dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi publiknya. Sebagai upaya meminimalisirkan dampak negatif dalam percepatan arus informasi digital, humas pemerintah melaksanakan tugasnya sebagai komunikator dalam menjalin komunikasi dan memenuhi kebutuhan informasi melalui Instagram @humas.jateng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh efektivitas Instagram @humas.jateng sebagai media publikasi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan bantuan Microsoft Exel dan IBM SPSS Statistic 22. Populasi penelitian ini merupakan followers Instagram @humas.jateng, dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penyebaran kuesioner online penelitian menggunakan bantuan fitur Direct Message Instagram. Efektivitas Instagram @humas.jateng sebagai variabel bebas penelitian ini terdiri dari lima indikator internalisasi, identifikasi, ketundukan, membangun citra dan reputasi positif, serta menampung dan mengolah aspirasi masyarakat. Pemenuhan kebutuhan informasi sebagai variabel terikat pada penelitian terdiri dari empat indikator yaitu current need approach, everyday need approach, exhaustic need approach, serta catching up need approach. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji korelasi, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian berdasarkan teknik analisis data tersebut menunjukan adanya pengaruh variabel efektivitas terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers sebesar 72,5%, sedangkan sisanya sebesar 27,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Uniknya berdasarkan hasil uji deskriptif, followers yang melakukan like atau comment belum sepenuhnya menyetujui konten yang dipublikasikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:51
Last Modified: 31 Mar 2023 02:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31319

Actions (login required)

View Item View Item