PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS MELALUI PROSES IPCE DI GENERAL AGENCY SELAMAT SUKSES ABADI 02

SANJAYA, AGATA AMADEA YOSEPHINE (2023) PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS MELALUI PROSES IPCE DI GENERAL AGENCY SELAMAT SUKSES ABADI 02. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
19.M1.0008-Agata Amadea Yosephine Sanjaya-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
19.M1.0008-Agata Amadea Yosephine Sanjaya-BAB I_a.pdf

Download (687kB)
[img] Text (BAB II)
19.M1.0008-Agata Amadea Yosephine Sanjaya-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB III)
19.M1.0008-Agata Amadea Yosephine Sanjaya-BAB III_a.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB IV)
19.M1.0008-Agata Amadea Yosephine Sanjaya-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
19.M1.0008-Agata Amadea Yosephine Sanjaya-BAB V_a.pdf

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19.M1.0008-Agata Amadea Yosephine Sanjaya-DAPUS_a.pdf

Download (863kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.M1.0008-Agata Amadea Yosephine Sanjaya-LAMP_a.pdf

Download (401kB)

Abstract

Dalam bidang apapun suatu perusahaan bergerak, komunikasi menjadi fondasi kekuatan efektif yang dapat mengubah pola pikir masyarakat, bahkan membangun kekuatan suatu perusahaan. Komunikasi tersebut dapat dilakukan melalui Public Relations, di mana merupakan sebuah komunikasi yang dirancang agar tercipta hubungan yang baik antara perusahaan dan publiknya. Saat ini Public Relations tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap dalam struktur organisasi suatu perusahaan saja, namun sudah menjadi aspek penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu perusahaan yang menerapkan praktik Public Relations adalah General Agency Selamat Sukses Abadi 02 atau yang biasa disebut Sukses Agency 02. Public Relations yang dijalankan oleh Sukses Agency 02 menerapkan Proses IPCE (Information Gathering, Planning, Communication dan Evaluation). Penelitian ini berfokus pada bagaimana pelaksanaan Public Relations melalui proses IPCE di Sukses Agency 02 yang bertujuan untuk memperkenalkan diri sebagai distributor dari Panin Dai-Ichi Life, salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif di mana data yang diperoleh berasal dari wawancara dengan Senior Agency Manager dan Public Relations perusahaan, yang menjalankan proses IPCE ini dari awal hingga akhir. Selain itu, observasi dan dokumentasi turut digunakan untuk mendapatkan keabsahan dan kejelasan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sukses Agency 02 menerapkan seluruh proses IPCE dalam pelaksanaan Public Relations nya. Akan tetapi pada proses Information Gathering dalam tiap kegiatannya hanya dilakukan berdasarkan salah satu faktor saja (internal atau eksternal saja). Hal ini dapat menjadi salah satu faktor kurangnya tahap pengumpulan informasi untuk kegiatan, yang dapat menyebabkan belum banyaknya masyarakat Pekalongan yang mengenal Sukses Agency 02.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:47
Last Modified: 31 Mar 2023 02:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31312

Actions (login required)

View Item View Item