PELAKSANAAN STRATEGI KOMUNIKASI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA SEMARANG DALAM PROGRAM TOM USZ.ACT PERIODE NOVEMBER 2022

PRATAMA, ALHAQ PUTRA (2023) PELAKSANAAN STRATEGI KOMUNIKASI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA SEMARANG DALAM PROGRAM TOM USZ.ACT PERIODE NOVEMBER 2022. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
17.M1.0039-ALHAQ PUTRA PRATAMA-COVER_a.pdf

Download (847kB)
[img] Text (BAB I)
17.M1.0039-ALHAQ PUTRA PRATAMA-BAB I_a.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
17.M1.0039-ALHAQ PUTRA PRATAMA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB III)
17.M1.0039-ALHAQ PUTRA PRATAMA-BAB III_a.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB IV)
17.M1.0039-ALHAQ PUTRA PRATAMA-BAB IV_a.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
17.M1.0039-ALHAQ PUTRA PRATAMA-BAB V_a.pdf

Download (244kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17.M1.0039-ALHAQ PUTRA PRATAMA-DAPUS_a.pdf

Download (286kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17.M1.0039-ALHAQ PUTRA PRATAMA-LAMP_a.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang Dalam Program TOM USZ.ACT”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi lingkungan dan pelaksanaan program Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang didalam program TOM USZ.ACT periode November 2022 menggunakan konsep R. Cox dan J. Cornelissen. Metode yang digunakan kualitatif, dengan pendekatan Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi saat kegiatan pelaksanaan TOM USZ.ACT 2022 dan data - data tambahan dari internet. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Program TOM USZ.ACT merupakan strategi upaya penertiban pencemaran dan sosialisasi pencemaran lingkungan terutama sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dibentuk sesuai Perda no.6 tahun 2012 pada program TOM USZ.ACT. Strategi Komunikasi Lingkungan yang di lakukan pertama adalah pemilihan komunikator berdasarkan nilai kredibilitas yang diketahui oleh masyarakatnya agar pesan dan kegiatan dipercaya. Kedua penetapan TOM USZ.ACT dilakukan di 16 kecamatan Kota Semarang sebagai cangkupan wilayah yang akan di sosialisasi pada setiap harinya. Ketiga, disampaikan pesan dan manfaat TOM USZ.ACT akan berdampak kembali kemasyarakatnya. Keempat, Pemilihan media sosial guna menyampaikan pesan yang menjadi efektifitas dalam penyebarluasan pesan. Dalam pelaksanaanya harus memuat 7 langkah yang pertama tujuan strategis guna meningkatkan reputasi Dinas Lingkungan Hidup kota Semarang melewati program TOM USZ.ACT guna berinteraksi dengan masyarakat. Yang kedua menentukan tujuan komunikasi tepat, terukur, tercapai, realistis, dan tepat waktu agar adanya interaksi. Ketiga mengidentifikasi dan memprioritaskan kelompok sasaran untuk UPT 1 mendapat pengawasan khusus karena tingkat pencemaranya tinggi. Keempat Identifikasi pesan bertema dengan mengadakan event tertentu guna mewujudkan kolaborasi di masyarakat dan instansi. Kelima mengembangkan gaya pesa mengunakan media social dan mencoba berinteraksi sesuai zamanya pada konten TOM USZ.ACT. Keenam mengembangkan strategi media mencoba memakai beberapa media sosial guna mencangkup sasaran yang lebih luas namun dalam praktiknya Intagram yang sering di gunakan oleh TOM USZ.ACT. Dan, ketujuh mempersiapkan anggaran hal ini sangat penting guna mewujudkan keseluruhan aspek karena dengan anggara cukup dapat membuat TOM USZ.ACT leluasa pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:48
Last Modified: 28 Mar 2023 06:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31192

Actions (login required)

View Item View Item