PEMAKNAAN BULLYING DALAM FILM KENAPA GUE (ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES)

KOSASIH, GAMAS INNUPRATAMA (2022) PEMAKNAAN BULLYING DALAM FILM KENAPA GUE (ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0138-Gamas Innupratama Kosasih-COVER_a.pdf

Download (803kB)
[img] Text
18.M1.0138-Gamas Innupratama Kosasih-BAB I_a.pdf

Download (321kB)
[img] Text
18.M1.0138-Gamas Innupratama Kosasih-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
18.M1.0138-Gamas Innupratama Kosasih-BAB III_a.pdf

Download (269kB)
[img] Text
18.M1.0138-Gamas Innupratama Kosasih-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.M1.0138-Gamas Innupratama Kosasih-BAB V_a.pdf

Download (199kB)
[img] Text
18.M1.0138-Gamas Innupratama Kosasih-DAPUS_a.pdf

Download (311kB)
[img] Text
18.M1.0138-Gamas Innupratama Kosasih-LAMP_a.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penyadaran dan pemahaman bullying dapat dilakukan dengan beragam cara. Bisa melalui media massa salah satunya adalah film. Dalam hal ini adalah film Kenapa Gue yang memuat makna tentang anti bullying. Kajian tentang bullying pada film tersebut dianalisis dengan kacamata semiotika Roland Barthes sebabnya Barthes memiliki sudut pandang dengan memandang sebuah tanda dengan kebudayaan. Hal ini akan dianalisis dan dideskripsikan melalui beragam makna denotasi, konotasi serta mitos yang terdapat dalam scene scene yang mengandung indikator bullying. Kesimpulan yang didapatkan peneliti menemukan film Kenapa Gue memuat pesan anti bullying serta memberikan kepada penonton. Kata kunci: film, semiotika, denotasi, konotasi, mitos, bullying, cyberbullying.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 18 Jan 2023 05:32
Last Modified: 08 Feb 2023 06:35
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30636

Actions (login required)

View Item View Item