PESAN POLITIK GUBERNUR GANJAR PRANOWO MELALUI LAPAK GANJAR DI AKUN INSTAGRAM @ganjar_pranowo (11 JULI 2020 – 26 DESEMBER 2021)

SARI, OCHA HERMALIA (2022) PESAN POLITIK GUBERNUR GANJAR PRANOWO MELALUI LAPAK GANJAR DI AKUN INSTAGRAM @ganjar_pranowo (11 JULI 2020 – 26 DESEMBER 2021). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0115-OCHA HERMALIA SARI-COVER_a.pdf

Download (850kB)
[img] Text
18.M1.0115-OCHA HERMALIA SARI-BAB I_a.pdf

Download (425kB)
[img] Text
18.M1.0115-OCHA HERMALIA SARI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
18.M1.0115-OCHA HERMALIA SARI-BAB III_a.pdf

Download (258kB)
[img] Text
18.M1.0115-OCHA HERMALIA SARI-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.M1.0115-OCHA HERMALIA SARI-BAB V_a.pdf

Download (237kB)
[img] Text
18.M1.0115-OCHA HERMALIA SARI-DAPUS_a.pdf

Download (243kB)
[img] Text
18.M1.0115-OCHA HERMALIA SARI-LAMP_a.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga adanya pergeseran media dalam berkomunikasi, yaitu dengan menggunakan media sosial. Hal inilah yang mendorong kelompok politik memanfaatkan media sosial sebagai sarana penyampaian pesan politik. Salah satu aktor politik yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk menyampaiakan pesan politiknya adalah Gubernur Ganjar Pranowo. Sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pesan politik Gubernur Ganjar Pranowo melalui lapak Ganjar di akun Instagram @ganjar_pranowo (11 Juli 202026 Desember 2021)?. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pesan politik yang dilakukan Gubernur Ganjar Pranowo melalui lapak Ganjar di akun Instagram @ganjar_pranowo (11 Juli 2020- 26 Desember 2021). Penelitian ini merupakan penelitian kulitataif deskriptif dan menggunakan metode penelitian analisis kualitatif yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu menemukan kategori, menklasifikasikan kategori, dan menganalisis data. Hasil penelitian ini adalah pesan politik Gubernur Ganjar Pranowo yang terdapat di Lapak Ganjar adalah pesan persuasif dan pesan pemberitahuan. Pesan persuasif lebih dominan dan tidak terdapat pesan informatif. Pesan politik Ganjar Pranowo memiliki pesan mengajak masyarakat, dengan menggunakan kata-kata khusus seperti kata “ayo”, memotivasi masyarakat, membangkitkan rasa nasionalisme, pelestarian batik, menjaga warisan nenek moyang, mempromosikan akun @ganjar_pranowo. Pesan pemberitahuan hanya berisi pesan singkat mengenai informasi edisi dan meminta saran untuk tema edisi lapak Ganjar. Penyampaian pesan ini menggunakan fitur feed post, story, dan story highlight. Kata Kunci : Aktor Politik, Pesan Politik, Instagram

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:43
Last Modified: 18 Jan 2023 03:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30633

Actions (login required)

View Item View Item