PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA KOTA SEMARANG

ALFREDA, VANIA CLARISSA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-COVER_a.pdf

Download (766kB)
[img] Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB I_a.pdf

Download (758kB)
[img] Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB III_a.pdf

Download (489kB)
[img] Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB IV_a.pdf

Download (579kB)
[img] Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-BAB V_a.pdf

Download (245kB)
[img] Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-DAPUS_a.pdf

Download (298kB)
[img] Text
18.M1.0047-VANIA CLARISSA ALFREDA-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan TikTok terhadap perilaku konsumtif remaja Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode dan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode sruvei. Kuesioner disebarkan kepada sejumlah 100 responden yang merupakan remaja Kota Semarang yang menggunakan TikTok. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja kota Semarang dengan usia 16-22 tahun dengan jumlah 254.729. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji regresi linear sederhana dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja kota Semarang dengan tingkat hubungan korelasi bersifat kuat dan searah di taraf 0,621 dengan pengaruh yang diberikan sebesar 38,5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan TikTok merupakan satu dari berbagai macam faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja kota Semarang. Kemudian dimensi yang paling tinggi dalam mempengaruhi remaja menggunakan TikTok yaitu informasi dengan nilai 0,75. Kemudian dimensi yang paling tinggi dalam mempengaruhi remaja kota Semarang berperilaku konsumtif yaitu membeli dan memakai produk atau barang karena melihat model yang mengiklankan, dengan nilai 0,55. Kata Kunci: media sosial, TikTok, remaja, perilaku konsumtif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:20
Last Modified: 17 Jan 2023 08:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30617

Actions (login required)

View Item View Item