PENGARUH INFLUENCER REVIEW TASYA FARASYA PADA ANEKA KOSMETIK DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI

VICTORIA, FIONIE PUTRI (2022) PENGARUH INFLUENCER REVIEW TASYA FARASYA PADA ANEKA KOSMETIK DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0041-FIONIE PUTRI VICTORIA-COVER_a.pdf

Download (939kB)
[img] Text
18.M1.0041-FIONIE PUTRI VICTORIA-BAB I_a.pdf

Download (337kB)
[img] Text
18.M1.0041-FIONIE PUTRI VICTORIA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
18.M1.0041-FIONIE PUTRI VICTORIA-BAB III_a.pdf

Download (492kB)
[img] Text
18.M1.0041-FIONIE PUTRI VICTORIA-BAB IV_a.pdf

Download (517kB)
[img] Text
18.M1.0041-FIONIE PUTRI VICTORIA-BAB V_a.pdf

Download (207kB)
[img] Text
18.M1.0041-FIONIE PUTRI VICTORIA-DAPUS_a.pdf

Download (211kB)
[img] Text
18.M1.0041-FIONIE PUTRI VICTORIA-LAMP_a.pdf

Download (742kB)

Abstract

Sekarang ini banyak produsen produk-produk kecantikan menggunakan jasa beauty influencer untuk mempromosikan produk mereka, Salah satunya adalah Tasya Farasya yang memiliki cukup banyak followers di akun instagramnya. Melalui review yang diberikan oleh influencer akan menambah nilai kredibilitas pada produk yang dipromosikan. Sebagai influencer review, Tasya Farasya menggunakan bahasa yang lugas serta disampaikan dengan menarik sehingga mendorong para followers untuk melihat review produk yang disampaikan. Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah apakah influencer Tasya Farasya saat melakukan review kosmetik di instagram mempengaruhi minat beli followersnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sebagai populasinya adalah followers dari akun instagram @tasyafarasya. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner melalui google forms dengan melibatkan 100 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap variabel influencer review menunjukkan bahwa karakteristik Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect dan Similarity berada pada kategori baik dan penilaian paling baik ditunjukkan pada karakteristik expertise. Penilaian responden terhadap variabel minat beli menunjukkan bahwa minat transaksional, minat referensial, minat preferensial dan minat eksploratif berada pada kategori tinggi dan penilaian paling tinggi ditunjukkan pada aspek minat beli preferensial. Selain itu, terdapat pengaruh signifikan dari influencer review Tasya Farasya di Instagram terhadap minat beli produk kosmetik. Hal tersebut didasarkan pada nilai t hitung 16,351 > t tabel 1,984 pada tingkat signifikan  = 5 % atau angka sig sebesar 0,00 < 0,05. Kata Kunci: influencer review, instagram, minat beli, produk kosmetik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:18
Last Modified: 17 Jan 2023 08:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30615

Actions (login required)

View Item View Item