PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI TIKTOK SHOP PADA KALANGAN REMAJA PEREMPUAN KOTA SEMARANG

BUDIMAN, SANTIKA ANDRIANI (2022) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI TIKTOK SHOP PADA KALANGAN REMAJA PEREMPUAN KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0039-SANTIKA ANDRIANI BUDIMAN-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.M1.0039-SANTIKA ANDRIANI BUDIMAN-BAB I_a.pdf

Download (638kB)
[img] Text
18.M1.0039-SANTIKA ANDRIANI BUDIMAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
18.M1.0039-SANTIKA ANDRIANI BUDIMAN-BAB III_a.pdf

Download (607kB)
[img] Text
18.M1.0039-SANTIKA ANDRIANI BUDIMAN-BAB IV_a.pdf

Download (619kB)
[img] Text
18.M1.0039-SANTIKA ANDRIANI BUDIMAN-BAB V_a.pdf

Download (293kB)
[img] Text
18.M1.0039-SANTIKA ANDRIANI BUDIMAN-DAPUS_a.pdf

Download (514kB)
[img] Text
18.M1.0039-SANTIKA ANDRIANI BUDIMAN-LAMP_a.pdf

Download (605kB)

Abstract

TikTok, yang kebanyakan digunakan oleh remaja perempuan, menambahkan fitur baru di pertengahan tahun 2021 yaitu tempat jual dan beli online yang dinamakan TikTok Shop. Pembeli membaca ulasan sebelum melakukan pembelian saat belanja online untuk memastikan agar produk yang dibeli sesuai dengan harapan. Banyak video dalam TikTok yang memberikan pendapat atau ulasan berdasarkan pengalamannya dan menyebutkan kelebihan serta kekurangannya. Dalam lingkup komunikasi pemasaran dapat juga disebut sebagai Electronic Word of Mouth (E-WoM). Keputusan pembelian merupakan proses pembuatan keputusan oleh konsumen dengan melewati tahapan-tahapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-WoM terhadap keputusan pembelian produk di TikTok Shop pada kalangan remaja perempuan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik Non Probability Sampling yaitu Sampling Purposive. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan kriteria pengguna TikTok dan pernah melakukan pembelian produk apapun di TikTok Shop. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan di Semarang dengan Google Form. Lalu data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, media sosial TikTok dan TikTok Shop. Berdasarkan hasil analisis data, Ho ditolak dan Ha diterima. Maka E-WoM berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk di TikTok Shop pada kalangan remaja perempuan. Dari uji analisis regresi membuktikan bahwa E-WoM memberikan pengaruh sebesar 12,5% dan bernilai positif. Setiap penambahan 1% nilai E-WoM maka nilai keputusan pembelian bertambah 0,515. Kata Kunci : E-WoM, Keputusan Pembelian, TikTok Shop, Kalangan Remaja Perempuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:16
Last Modified: 17 Jan 2023 08:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30614

Actions (login required)

View Item View Item