PENGARUH IKLAN DANA BEBAS DRAMA DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI DI KOTA SEMARANG

MARCELLINO, TJIO, EXCEL (2022) PENGARUH IKLAN DANA BEBAS DRAMA DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0015-TJIO, EXCEL MARCELLINO-COVER_a.pdf

Download (786kB)
[img] Text
18.M1.0015-TJIO, EXCEL MARCELLINO-BAB I_a.pdf

Download (561kB)
[img] Text
18.M1.0015-TJIO, EXCEL MARCELLINO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
18.M1.0015-TJIO, EXCEL MARCELLINO-BAB III_a.pdf

Download (459kB)
[img] Text
18.M1.0015-TJIO, EXCEL MARCELLINO-BAB IV_a.pdf

Download (512kB)
[img] Text
18.M1.0015-TJIO, EXCEL MARCELLINO-BAB V_a.pdf

Download (288kB)
[img] Text
18.M1.0015-TJIO, EXCEL MARCELLINO-DAPUS_a.pdf

Download (416kB)
[img] Text
18.M1.0015-TJIO, EXCEL MARCELLINO-LAMP_a.pdf

Download (816kB)

Abstract

Banyaknya pengusaha yang menjual produk yang sama sehingga menuntut pengusaha untuk berinovasi agar tetap kompetitif. Untuk memenangkan persaingan, para pengusaha menerapkan berbagai strategi untuk memperkenalkan produknya dan meningkatkan penjualan. Salah satu strategi perusahaan adalah promosi. Media TV dinilai paling efektif dibandingkan media lainnya. Tujuan dari mempromosikan produk adalah untuk mempengaruhi sikap khalayak, dalam hal ini tentunya konsumen. Perkembangan teknologi yang terjadi, pertumbuhan dompet digital atau E-Wallet pun terus meningkat. E-Wallet memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan uang dalam bentuk elektronik, sehingga pengguna dapat bertransaksi dengan mudah, aman, efisien, dan efektif. Salah satu pilihan E-Wallet adalah DANA. DANA merupakan layanan dompet digital yang diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe, perusahaan rintisan asal Indonesia yang bergerak di bidang teknologi finansial atau fintech yang memberikan layanan pembayaran bagi masyarakat Indonesia dalam bertransaksi secara nontunai dan nonkartu. Melalui iklan DANA Bebas Drama ini, DANA ingin memberikan pengertian bahwa DANA dapat menjadi andalan dalam memberikan layanan dompet digital yang praktis dalam melakukan pembayaran saat transaksi dan dalam pengelolaan dana pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan DANA Bebas Drama di televisi terhadap keputusan penggunaan aplikasi di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yang didukung dengan metode kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 orang yang menggunakan aplikasi DANA dalam kurun waktu enam bulan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel periklanan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisiennya adalah 0,326. Artinya hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima. Oleh karena itu, iklan DANA bebas drama di televisi berdampak positif pada keputusan penggunaan aplikasi. Dari hasil analisis regresi linier sederhana dapat dikatakan bahwa nilai koefisien regresi adalah positif dan arah pengaruh variabel periklanan terhadap variabel keputusan pembelian adalah positif. Oleh karena itu, semakin menarik iklan DANA bebas drama ditelevisi, semakin ditentukan penggunaan aplikasi tersebut di Kota Semarang. Kata Kunci: Iklan, Keputusan Penggunaan, Perkembangan Teknologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:02
Last Modified: 16 Jan 2023 07:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30600

Actions (login required)

View Item View Item