PEMANFAATAN GAME WEREWOLF PARTY SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG MENDAPATKAN JODOH

PRASETIYO, MARCELINO ZAZTYADETYA (2022) PEMANFAATAN GAME WEREWOLF PARTY SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG MENDAPATKAN JODOH. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
17.M1.0078-MARCELINO ZAZTYADETYA PRASETIYO-COVER_a.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0078-MARCELINO ZAZTYADETYA PRASETIYO-BAB I_a.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
17.M1.0078-MARCELINO ZAZTYADETYA PRASETIYO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
17.M1.0078-MARCELINO ZAZTYADETYA PRASETIYO-BAB III_a.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0078-MARCELINO ZAZTYADETYA PRASETIYO-BAB IV_a.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0078-MARCELINO ZAZTYADETYA PRASETIYO-BAB V_a.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0078-MARCELINO ZAZTYADETYA PRASETIYO-DAPUS_a.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0078-MARCELINO ZAZTYADETYA PRASETIYO-LAMP_a.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Game Werewolf Party merupakan jenis game yang memungkinkan interaksi antar-pemain. Hal ini didukung dengan adanya berbagai fitur dalam Game, yaitu add friends, message, room chat, couple, room chat music, dan clan. Fitur komunikasi interaktif ini mendukung adanya interaksi antar-pemain di dalam Game mobile tersebut. Penelitian kualitatif ini ingin melihat bagaimana fitur interaktif dalam Game Werewolf dimanfaatkan sebagai media komunikasi yang mendukung upaya mendapatkan jodoh. Penelitian ini mengambil 5 narasumber, yang terdiri dari 1 laki-laki dan 4 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik wawancara dilakukan dengan wawancara semi struktur karena untuk mengetahui informasi pemain dalam memanfaatkan fitur interaktif di dalam game. Teknik dokumentasi agar memperkuat isi argumentasi dengan bukti seperti foto yang terdapat dalam Game Werewolf Party. Lalu teknik observasi yang dilakukan peneliti tidak terlibat namun mengamati secara langsung (observasi non partisipan). Hasil penelitian ditemukan bahwa dari 5 narasumber, tiga menyatakan mencari untuk mendapatkan pacar atau jodoh hingga menjalin hubungan yang serius, serta dua orang memiliki persepsi hanya untuk berkenalan dan mendapatkan teman baru, ada juga yang mendapatkan sahabat. Fitur interaktif yang terdapat pada Game Werewolf ini dapat menjadi media komunikasi menjalin hubungan yang berkembang dari tidak intim. Salah satu fitur yang mendukung dan berpotensi untuk menjalin sebuah hubungan yang lebih intim yaitu room music karena terdapat fitur voice sehingga melalui komunikasi secara langsung jadi akan timbul ketertarikan atau tidak. Kata kunci: Game Werewolf Party, Media Pendukung Mendapatkan Jodoh, Fitur Interaktif, Komunikasi Antar personal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > Marriage
700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:53
Last Modified: 08 Feb 2023 08:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30586

Actions (login required)

View Item View Item