PEMETAAN APLIKASI PISANG SEBAGAI PANGAN ALTERNATIF UNTUK DIET PENURUNAN BERAT BADAN APPLIED MAPPING OF BANANA AS AN ALTERNATIVES FOR WEIGHT LOSS FOOD DIET

KOMALA, BRIGITA AYU (2022) PEMETAAN APLIKASI PISANG SEBAGAI PANGAN ALTERNATIF UNTUK DIET PENURUNAN BERAT BADAN APPLIED MAPPING OF BANANA AS AN ALTERNATIVES FOR WEIGHT LOSS FOOD DIET. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-COVER_a.pdf

Download (930kB)
[img] Text (BAB I)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-BAB I_a.pdf

Download (427kB)
[img] Text (BAB II)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB III)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-BAB III_a.pdf

Download (509kB)
[img] Text (BAB IV)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-BAB IV_a.pdf

Download (715kB)
[img] Text (BAB V)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-BAB V_a.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB VI)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-BAB VI_a.pdf

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-DAPUS_a.pdf

Download (379kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17.I1.0161-BRIGITA AYU KOMALA-LAMP_a.pdf

Download (715kB)

Abstract

Pisang (Musa paradisiaca) merupakan salah satu jenis buah tropis yang bertumbuh subur dan mempunyai wilayah penyebaran merata di seluruh wilayah Indonesia. Buah pisang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi dengan kandungan seperti vitamin, karbohidrat, dan mineral yang memiliki berbagai manfaat menguntungkan bagi kesehatan manusia. Namun seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula olahan pangan yang berkembang dan bervariasi, karena keragaman pangan yang berkembang tersebut maka daya konsumsi manusia saat ini juga meningkat sehingga menyebabkan banyak sekali manusia yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih, salah satunya adalah dengan menggunakan pisang sebagai metode diet. Oleh karena itu, kajian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui fungsi senyawa dalam buah pisang yang berguna untuk menurunkan berat badan, dan pangan olahan dari buah pisang yang dapat menurunkan berat badan. Kajian ini diawali dengan dilakukannya analisis kesenjangan, lalu dilanjutkan dengan pengumpulan literatur, penyaringan literatur, dan diakhiri dengan analisis serta tabulasi data dari literatur yang didapatkan. Dari kajian ini diketahui bahwa kandungan pada pisang yang dapat menurunkan kadar berat badan adalah serat yang tinggi, lemak yang rendah, adanya prekursor serotonin, flavonoid dan juga tanin. Selain itu dalam pengulasan ini pisang dapat diolah menjadi berbagai pangan olahan yang dapat menurunkan berat badan seperti menjadi biskuit, food bar dan snack bar. Namun penelitian mengenai kemampuan pisang sebagai salah satu makanan yang dapat menurunkan berat badan masih sangat terbatas pada jenis kepok dan cavendish, hal ini membuka peluang penelitian–penelitian baru mengenai kemampuan pisang dalam menurunkan berat badan yang berbasis jenis pisang lainnya seperti pisang raja, pisang susu, dan masih banyak lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:27
Last Modified: 08 Dec 2022 01:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30391

Actions (login required)

View Item View Item