PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREATIF PADA UMKM DELIMA DONAT DI SEMARANG

Soegiopranoto, Skolastika Aditio (2022) PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREATIF PADA UMKM DELIMA DONAT DI SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.D1.0027-Skolastika Aditio Soegiopranoto-COVER_a.pdf

Download (687kB)
[img] Text
18.D1.0027-Skolastika Aditio Soegiopranoto-BAB I_a.pdf

Download (518kB)
[img] Text
18.D1.0027-Skolastika Aditio Soegiopranoto-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
18.D1.0027-Skolastika Aditio Soegiopranoto-BAB III_a.pdf

Download (208kB)
[img] Text
18.D1.0027-Skolastika Aditio Soegiopranoto-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.D1.0027-Skolastika Aditio Soegiopranoto-BAB V_a.pdf

Download (425kB)
[img] Text
18.D1.0027-Skolastika Aditio Soegiopranoto-DAPUS_a.pdf

Download (352kB)
[img] Text
18.D1.0027-Skolastika Aditio Soegiopranoto-LAMP_a.pdf

Download (922kB)

Abstract

Dalam berwirausaha, tentu banyak suka dan duka yang dialami oleh UMKM. Suka dirasakan ketika penjualan mengalami peningkatan, dan terus meningkat di setiap bulannya. Duka dirasakan ketika penjualan mengalami ketidakstabilan bahkan penuruan penjualan. Hal tersebutlah yang dirasakan oleh pemilik DELIMA Donat. Penurunan penjualan pada UMKM DELIMA Donat memiliki dua faktor. Faktor yang pertama adalah produk donat yang belum bagus ( masih berminyak, kuran empuk, serta bentuk yang tidak rapi) disebabkan karena pemilik belum memiliki cukup skill untuk membuat donat. Faktor yang kedua adalah pengiriman terlambat disebabkan karena kurangnya tenaga kerja untuk membentuk adonan dan menopping donat. Diperlukan gagasan-gagsan kreatif untuk menangani permasalahan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan UMKM DELIMA Donat sehingga dapat minimal bertahan dipasaran dan penjualan dapat semakin membaik. Objek penelitian ini adalah pengambilan keputusan kreatif yang diterapkan pada UMKM DELIMA Donat. Lokasi penelitian ini terletak di Jl. Parang Kembang Raya No.19 Tlogosari, Semarang-50196 (masih satu atap dengan bisnis ayah pemilik yaitu Mirah Delima Foto & Video). Jenis data pada penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Sumber data sekunder berupa data penjualan bulan Februari 2021 sampai bulan Desember 2021. Data primer berupa wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada tiga responden yang ikut menjalankan UMKM DELIMA Donat. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi. Metode analisis data pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan peneliti memiliki kesimpulan yaitu UMKM DELIMA Donat mengambil keputusan kreatif dengan teori pengambilan keputusan kreatif menurut Zimmerer (1996 : 76) yang memiliki tujuh tahap. Tahap pertama adalah persiapan. Tahap yang kedua adalah penyelidikan Tahap yang ketiga adalah tranformasi. Tahap yang keempat adalah penetasan. Tahap yang kelima adalah penerangan. Tahap yang keenam adalah pengujian. Tahap yang ketujuh adalah implementasi. Berdasarkan tujuh tahap tersebut, didapatkan tiga hasil sebagai berikut : 1. Memproduksi dan menjual donat yang telah diinovasi resepnya supaya produk DELIMA Donat dapat dipercayai konsumen kembali 2. Memproduksi dan menjual chicken crispy karena peminat paling banyak adalah chicken crispy 3. Memulai produksi pukul 02.00 WIB agar delivery tidak terlambat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:17
Last Modified: 06 Dec 2022 03:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30309

Actions (login required)

View Item View Item