HUBUNGAN PENGGUNAAN BUMBU INSTAN PADA MAKANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOTA SEMARANG. THE CORRELATION OF USING INSTANT SEASONING IN FOOD ON CONSUMER SATISFACTION IN SEMARANG CITY

Pamungkas, Siauw Christian Ajie (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN BUMBU INSTAN PADA MAKANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOTA SEMARANG. THE CORRELATION OF USING INSTANT SEASONING IN FOOD ON CONSUMER SATISFACTION IN SEMARANG CITY. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.I2.0021-Siauw Christian Ajie Pamungkas_COVER_a.pdf

Download (457kB)
[img] Text
17.I2.0021-Siauw Christian Ajie Pamungkas_BAB I_a.pdf

Download (229kB)
[img] Text
17.I2.0021-Siauw Christian Ajie Pamungkas_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
17.I2.0021-Siauw Christian Ajie Pamungkas_BAB III_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.I2.0021-Siauw Christian Ajie Pamungkas_BAB IV_a.pdf

Download (210kB)
[img] Text
17.I2.0021-Siauw Christian Ajie Pamungkas_BAB V_a.pdf

Download (197kB)
[img] Text
17.I2.0021-Siauw Christian Ajie Pamungkas_DAPUS_a.pdf

Download (111kB)
[img] Text
17.I2.0021-Siauw Christian Ajie Pamungkas_LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Produk instan merupakan produk yang disajikan atau dikonsumsi dalam waktu yang singkat. Salah satu contoh produk instan adalah bumbu instan. Dengan hadirnya bumbu instan, seseorang dapat dengan mudah mengelola dan mengolah suatu pangan dalam waktu singkat. Namun demikian tidak semua orang menyukai produk bumbu instan ini dibandingkan dengan penggunaan bumbu non instan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mempelajari tingkat kepuasan konsumen terhadap bumbu instan, mempelajari hubungan kualitas produk bumbu instan dan persepsi konsumen mengenai harga produk terhadap kepuasan konsumen. Dengan menggunakan metode survei secara online dengan responden di Kota Semarang, didapatkan hasil yaitu atribut kualitas seperti rasa dan aroma, konsistensi, daya tahan produk, daya tarik aroma dan daya tarik visual memiliki hubungan yang signifikan dan positif. Artinya semakin baik setiap atribut yang dihasilkan produk maka semakin meningkat kepuasan konsumen. Sedangkan untuk atribut kemudahan penggunaan produk memiliki hubungan yang tidak signifikan dan positif pada bagian pleasure, yang artinya kebutuhan dan harapan konsumen terpenuhi namun tidak meningkatkan perasaan senang pada konsumen. Hasil secara keseluruhan menunjukkan semakin tinggi kualitas produk yang dihasilkan maka kepuasan konsumen semakin meningkat. Hubungan antara persepsi konsumen mengenai harga dengan kepuasan konsumen adalah signifikan dan positif, artinya semakin dekat jarak perkiraan harga produk oleh konsumen dengan harga jual produk maka kepuasan konsumen semakin meningkat. Selain itu, penggunaan produk bumbu instan di kota Semarang banyak dilakukan oleh perempuan dan kalangan remaja berusia 17 – 25 tahun dengan merk terbanyak yang digunakan adalah Racik. Alasan penggunaan bumbu instan karena rasa, aroma dan selera yang cocok. Penilaian kepuasan konsumen yang diperoleh adalah puas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Quality
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:06
Last Modified: 26 Oct 2022 04:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29961

Actions (login required)

View Item View Item