HUBUNGAN ACADEMIC SELF EFFICACY DENGAN ACADEMIC BURNOUT DI MASA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA DI KOTA SEMARANG

Maharani, Recika Sekar (2022) HUBUNGAN ACADEMIC SELF EFFICACY DENGAN ACADEMIC BURNOUT DI MASA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-COVER_a.pdf

Download (785kB)
[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-BAB I_a.pdf

Download (169kB)
[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-BAB III_a.pdf

Download (171kB)
[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-BAB IV_a.pdf

Download (175kB)
[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-BAB V_a.pdf

Download (170kB)
[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-BAB VI_a.pdf

Download (149kB)
[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-DAPUS_a.pdf

Download (270kB)
[img] Text
18.E1.0043-Recika Sekar Maharani-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic self efficacy dengan academic burnout di masa pembelajaran daring pada mahasiswa di kota Semarang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Ada hubungan negatif antara academic self efficacy dengan academic burnout pada mahasiswa”. Semakin tinggi academic self efficacy yang dimiliki oleh mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring, maka semakin rendah academic burnout yang dialami mahasiswa dan sebaliknya. Subjek penelitian ini adalah 105 mahasiswa di kota Semarang yang mengikuti pembelajaran daring selama 1,5 tahun yang berasal dari 8 perguruan tinggi di Semarang yang ditetapkan secara accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adaptasi dari Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) dan adaptasi dari Academic Self Efficacy (ASE). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini analisis korelasi product moment dengan pendekatan kuantitatif. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan rxy= -0,690 dengan P < 0,01 yang artinya hubungan negatif sangat signifikan antara academic self efficacy dengan academic burnout di masa pembelajaran daring pada mahasiswa. Sumbangan efektif yang diberikan academic self efficacy terhadap academic burnout sebesar 47,6%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:49
Last Modified: 06 Oct 2022 07:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29689

Actions (login required)

View Item View Item