STRATEGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING RM. PITIK CILIK SEMARANG DENGAN ANALISIS SWOT

PRATAMA, ALDRO (2022) STRATEGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING RM. PITIK CILIK SEMARANG DENGAN ANALISIS SWOT. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.D1.0292-ALDRO PRATAMA-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.D1.0292-ALDRO PRATAMA-BAB I_a.pdf

Download (543kB)
[img] Text
15.D1.0292-ALDRO PRATAMA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
15.D1.0292-ALDRO PRATAMA-BAB III_a.pdf

Download (477kB)
[img] Text
15.D1.0292-ALDRO PRATAMA-BAB IV_a.pdf

Download (698kB)
[img] Text
15.D1.0292-ALDRO PRATAMA-BAB V_a.pdf

Download (412kB)
[img] Text
15.D1.0292-ALDRO PRATAMA-DAPUS_a.pdf

Download (414kB)
[img] Text
15.D1.0292-ALDRO PRATAMA-LAMP_a.pdf

Download (968kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh RM. Pitik Cilik adalah persaingan yang sangat ketat dalam industri kuliner di Semarang menyebabkan perlunya mengetahui strategi alternatif yang dapat meningkatkan keunggulan bersaing dari RM Pitik Cilik seperti yang terlihat dari berbagai jurnal penelitian sebelumnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi alternatif RM. Pitik Cilik dengan menggunakan analysis SWOT. Metode analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis Matriks SWOT. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 orang pemilik, dan 2 orang karyawan RM Pitik Cilik Semarang serta 20 orang pelanggan RM Pitik Cilik Semarang dan observasi langsung ke obyek penelitian. Hasil dari matriks IFAS menunjukkan bahwa kekuatan yang dimiliki oleh RM. Pitik Cilik lebih kuat dibandingkan dengan kelemahannya dengan skor 3,48. Sedangkan hasil dari matriks EFAS dengan skor 3,75 menunjukkan bahwa ancaman untuk RM. Pitik Cilik lebih besar dibandingkan dengan peluangnya. Berdasarkan Matriks Internal – Eksternal (I-E), nilai IFAS 3,48 dan EFAS sebesar 3,75 menunjukkan bahwa posisi dari Tenun Batik Aliza ada pada kuadran 1 yaitu dengan strategi tumbuh dan bangun (growth and build). Alternatif strategi yang dihasilkan adalah Membuka online shop untuk menjual frozen ayam berbumbu siap goreng, Memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan varian menu baru RM Pitik Cilik, Membuat waralaba Pitik Cilik dengan konsep takeaway, Kerjasama dengan GoFood, Membuka restoran baru dengan konsep premium dan Penambahan outlet di lokasi lain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:55
Last Modified: 29 Sep 2022 05:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29456

Actions (login required)

View Item View Item