KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN CALON PILKADA SERENTAK TAHUN 2020 DI KABUPATEN KLATEN, KABUPATEN BOYOLALI,DAN KOTA SURAKARTA SAAT BERKAMPANYE MELALUI MEDIA SOSIAL

BLEZYNSKI, CHRISTIE CHRYSENTIA (2022) KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN CALON PILKADA SERENTAK TAHUN 2020 DI KABUPATEN KLATEN, KABUPATEN BOYOLALI,DAN KOTA SURAKARTA SAAT BERKAMPANYE MELALUI MEDIA SOSIAL. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.M1.0027-CHRISTIE CHRYSENTIA BLEZYNSKI_COVER_a.pdf

Download (640kB)
[img] Text
17.M1.0027-CHRISTIE CHRYSENTIA BLEZYNSKI_BAB I_a.pdf

Download (322kB)
[img] Text
17.M1.0027-CHRISTIE CHRYSENTIA BLEZYNSKI_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
17.M1.0027-CHRISTIE CHRYSENTIA BLEZYNSKI_BAB III_a.pdf

Download (285kB)
[img] Text
17.M1.0027-CHRISTIE CHRYSENTIA BLEZYNSKI_BAB IV_a.pdf

Download (6MB)
[img] Text
17.M1.0027-CHRISTIE CHRYSENTIA BLEZYNSKI_BAB V_a.pdf

Download (263kB)
[img] Text
17.M1.0027-CHRISTIE CHRYSENTIA BLEZYNSKI_DAPUS_a.pdf

Download (277kB)
[img] Text
17.M1.0027-CHRISTIE CHRYSENTIA BLEZYNSKI_LAMP_a.pdf

Download (287kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kampanye Pilkada 2020 yang dilakukan selama masa pandemi COVID-19. Kampanye Pilkada 2020 berdasarkan peraturan KPU dianjurkan untuk dilakukan melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi politik yang dilakukan masing-masing paslon Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, dan Kota Surakarta dalam kampanye Pilkada 2020 melalui media sosial Facebook dan Instagram. Teknik pengumpulan data utama dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara juga dilakukan peneliti dengan salah satu paslon untuk memperkuat dan melengkapi data yang ditemukan pada media sosial paslon tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing paslon memiliki komunikator politik akun media sosialnya sendiri. Pesan politik yang menjadi hasil penelitian berupa informasi seputar visi, misi, dan program paslon beserta ajakan kepada masyarakat untuk memberikan dukungan dengan cara memilih paslon. Selain itu hasil penelitian juga memaparkan saluran (media) kampanye yang digunakan oleh masing-masing paslon selain media sosial. Melalui hasil penelitian ini pembaca pun dapat mengetahui identitas masing-masing paslon dalam kampanye Pilkada 2020 seperti logo, warna, angka, slogan, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:45
Last Modified: 30 Mar 2022 07:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28311

Actions (login required)

View Item View Item