ANALISIS BRAND EQUITY PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA SEMARANG PADA MAHASISWA

Setiawan, Nicholas David (2022) ANALISIS BRAND EQUITY PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA SEMARANG PADA MAHASISWA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.M1.0022-Nicholas David Setiawan_COVER_a.pdf

Download (457kB)
[img] Text
17.M1.0022-Nicholas David Setiawan_BAB I_a.pdf

Download (315kB)
[img] Text
17.M1.0022-Nicholas David Setiawan_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
17.M1.0022-Nicholas David Setiawan_BAB III_a.pdf

Download (366kB)
[img] Text
17.M1.0022-Nicholas David Setiawan_BAB IV_a.pdf

Download (403kB)
[img] Text
17.M1.0022-Nicholas David Setiawan_BAB V_a.pdf

Download (238kB)
[img] Text
17.M1.0022-Nicholas David Setiawan_DAPUS_a.pdf

Download (314kB)
[img] Text
17.M1.0022-Nicholas David Setiawan_LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Brand equity memiliki peran penting dalam meningkatkan nilai suatu merek dan menciptakan daya tarik bagi konsumen, termasuk dalam dunia sektor pendidikan yaitu perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan perguruan tinggi yang memiliki brand equity tinggilah yang akan sanggup bertahan dalam dunia pendidikan tinggi. Selain itu, brand equity juga menjadi salah satu hal penentu yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, yang mana dalam hal ini ialah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menentukan perguruan tinggi untuk menempuh studi lanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai brand equity berdasarkan masing-masing nilai sub-variabel yang ada. Sub-variabel tersebut yaitu brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Seluruhnya memiliki dimensinya masing-masing yang saling berkontribusi dalam menciptakan nilai ekuitas merek. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang dengan tahun akademik 2017/2018, dengan sampel penelitian 332 responden menggunakan teknik simple random sampling. Setelah melakukan penelitian, maka diperoleh data yang dianalisis secara deskriptif dan statistik pada program IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa nilai brand equity pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang berada pada kategori baik. Subjek penelitian berhasil menempati posisi Top of Mind dengan nilai 86% pada bagian brand awareness, mendapatkan nilai rata-rata 2,87 untuk bagian brand association, mendapatkan nilai rata-rata 2,98 untuk bagian perceived quality, dan membentuk piramida terbalik pada bagian brand loyalty dengan 82% responden berada pada tingkatan committed buyer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:45
Last Modified: 30 Mar 2022 07:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28310

Actions (login required)

View Item View Item