PEMANFAATAN INSTAGRAM @FESTIVALDIENG SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA ACARA DIENG CULTURE FESTIVAL TAHUN 2015-2020

MARLOWIBOWO, IRENE (2022) PEMANFAATAN INSTAGRAM @FESTIVALDIENG SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA ACARA DIENG CULTURE FESTIVAL TAHUN 2015-2020. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.M1.0007-IRENE MARLOWIBOWO_COVER_a.pdf

Download (708kB)
[img] Text
17.M1.0007-IRENE MARLOWIBOWO_BAB I_a.pdf

Download (460kB)
[img] Text
17.M1.0007-IRENE MARLOWIBOWO_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
17.M1.0007-IRENE MARLOWIBOWO_BAB III_a.pdf

Download (470kB)
[img] Text
17.M1.0007-IRENE MARLOWIBOWO_BAB IV_a.pdf

Download (4MB)
[img] Text
17.M1.0007-IRENE MARLOWIBOWO_BAB V_a.pdf

Download (339kB)
[img] Text
17.M1.0007-IRENE MARLOWIBOWO_DAPUS_a.pdf

Download (480kB)
[img] Text
17.M1.0007-IRENE MARLOWIBOWO_LAMP_a.pdf

Download (694kB)

Abstract

Pariwisata di Indonesia dianggap penting karena berkaitan dan berkontribusi besar dalam pembangunan ekonomi. Dalam mengelola destinasi pariwisata tentunya perlu memahami dampak dari kegiatan pariwisata itu sendiri. Hal ini diperlukan untuk dijadikan sebagai landasan pemasaran destinasi agar lebih optimal dan berkelanjutan. Salah satunya yaitu Provinsi Jawa Tengah. Dimana Provinsi Jawa Tengah memiliki daya tarik wisata yang beragam dan wisata budaya menjadi wisata unggulan sehingga Jawa Tengah dikenal sebagai jantung budaya jawa. Salah satu event budaya unggulan di Jawa Tengah yaitu Dieng Culture Festival (DCF). Acara ini biasanya dapat disaksikan dan dinikmati langsung oleh masyarakat. Namun sayangnya pada Tahun 2020 terjadi pandemi Covid-19 sehingga mengharuskan acara untuk digelar secara online/virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan instagram sebagai media untuk melakukan kegiatan promosi pada acara Dieng Culture Festival pada tahun 2015-2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan model interaktif milik Miles dan Huberman yang terdiri dari (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data dan (3) Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan instagram @festivaldieng sebagai media promosi DCF menghasilkan dampak yang baik bagi kegiatan promosi DCF, kegiatan promosi bisa berlangsung secara efisien dan efektif. Adapun hambatan dalam pemanfaatan instagram @festivaldieng yaitu kurang maksimalnya pengelola dalam memanfaatkan fitur instagram khusus nya fitur pada akun bisnis. Padahal fitur yang disediakan oleh instagram memang difungsikan untuk menunjang promosi online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:43
Last Modified: 30 Mar 2022 07:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28307

Actions (login required)

View Item View Item