HUBUNGAN EMOSI AKADEMIK DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA

Esela, Ken Chiara (2022) HUBUNGAN EMOSI AKADEMIK DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_COVER_a.pdf

Download (608kB)
[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_BAB I_a.pdf

Download (177kB)
[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_BAB III_a.pdf

Download (168kB)
[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_BAB IV_a.pdf

Download (184kB)
[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_BAB V_a.pdf

Download (207kB)
[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_BAB VI_a.pdf

Download (124kB)
[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_DAPUS_a.pdf

Download (207kB)
[img] Text
18.E2.0015-Ken Chiara Esela_LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara emosi akademik dan dukungan sosial teman sebaya dengan self-regulated learning pada mahasiswa. Hipotesis pertama adalah ada hubungan antara emosi akademik dan dukungan sosial teman sebaya dengan SRL Hipotesis kedua adalah ada hubungan positif antara emosi akademik dengan SRL. Hipotesis ketiga adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan SRL. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan tiga skala penelitian yaitu skala SRL, skala emosi akademik, dan skala dukungan sosial teman sebaya. Subyek penelitian adalah 100 mahasiswa di Kota Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan korelasi product moment.. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan nilai koefisien korelasi R=0,478 dengan p<0,01. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan korelasi rx1y sebesar 0,370 dengan p<0,01.. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan korelasi rx2y sebesar 0,399 dengan nilai signifikansi p<0,01. Dengan ini ketiga hipotesis diterima. Sumbangan efektif emosi akademik dan dukungan sosial teman sebaya terhadap SRL mahasiswa adalah sebesar 22,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:57
Last Modified: 16 Mar 2022 06:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28139

Actions (login required)

View Item View Item