HUBUNGAN ANTARA FEAR OF FAILURE DENGAN KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE

Putri, Raras Shinta (2022) HUBUNGAN ANTARA FEAR OF FAILURE DENGAN KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_BAB I_a.pdf

Download (747kB)
[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_BAB III_a.pdf

Download (508kB)
[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_BAB IV_a.pdf

Download (518kB)
[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_BAB V_a.pdf

Download (323kB)
[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_BAB VI_a.pdf

Download (308kB)
[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_DAPUS_a.pdf

Download (534kB)
[img] Text
17.E1.0070-Raras Shinta Putri_LAMP_a.pdf

Download (976kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of failure (FoF) dengan kecurangan akademik pada mahasiswa dalam pembelajaran online. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara FoF dengan kecurangan akademik pada mahasiswa dalam pembelajaran online. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari lima fakultas di Universitas Katolik Soegijapranata. Jumlah subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecurangan Akademik dan Skala FoF. Alat ukur yang digunakan sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara Fear of Failure dengan kecurangan akademik pada mahasiswa dalam pembelajaran dengan (rxy = 0,295 dengan p= 0,003 (p < 0.01) ). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara FoF dengan kecurangan akademik pada mahasiswa dalam pembelajaran online. Sumbangan efektif FoF pada perilaku kecurangan akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa adalah sebesar 8,7% sedangkan 91,3% dipengaruhi oleh faktor diluar variabel FoF yang tidak menjadi fokus pada penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:03
Last Modified: 16 Mar 2022 06:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item View Item