PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BUKU AUGMENTED REALITY “GIGIH SEPERTI JAKA LINGLUNG” UNTUK ANAK USIA DINI DI KOTA KUWU

Adi, Yovian Sunu (2021) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BUKU AUGMENTED REALITY “GIGIH SEPERTI JAKA LINGLUNG” UNTUK ANAK USIA DINI DI KOTA KUWU. Other thesis, Unika Soegijapranata.

[img] Text
20.L1.0072-Yovian Sunu Adi-COVER_a.pdf

Download (901kB)
[img] Text
20.L1.0072-Yovian Sunu Adi-BAB I_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20.L1.0072-Yovian Sunu Adi-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20.L1.0072-Yovian Sunu Adi-BAB III_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20.L1.0072-Yovian Sunu Adi-BAB IV_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20.L1.0072-Yovian Sunu Adi-BAB V_a.pdf

Download (629kB)
[img] Text
20.L1.0072-Yovian Sunu Adi-LAMP_a.pdf

Download (574kB)

Abstract

Teknologi gadget sudah menyebar di seluruh dunia, gadget tidak hanya digunakan oleh orang dewasa melainkan juga oleh remaja dan anak-anak. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap tumbuh kembang anak usia dini, baik dalam hal fisik maupun mental. Gangguan mental yang dapat disebabkan oleh sering menggunakan gadget adalah ketidakmatangan sosial-emosional. Berbeda dengan gadget, membaca buku memiliki banyak dampak positif bagi tumbuh kembang anak usia dini seperti mengembangkan kemampuan berbahasa anak dan mengembangkan daya imajinasi anak. Salah satu buku yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak adalah buku cerita rakyat. Dalam cerita rakyat anak bisa mendapatkan pendidikan karakter dengan cara yang menarik. Salah satu cerita rakyat yang memiliki nilai positif adalah cerita rakyat “Bledug Kuwu” yang mengajarkan nilai kegigihan dan menepati janji. Namun, cerita rakyat “Bledug Kuwu’ ini kurang populer karena media untuk menceritakannya kurang memadai dan belum mengikuti perkembangan zaman Tugas Akhir ini berisi tentang cerita rakyat “Bledug Kuwu” dengan nilai-nilai positif didalamnya yang dikemas dalam buku kreatif. Dalam visualiasi cerita rakyat dalam buku kreatif ini dibantu dengan teknologi Augmented Reality untuk membantu pembaca dalam mengimajinasikan alur cerita dalam buku ini. Penulis berharap, dengan adanya Tugas Akhir mengenai buku kreatif cerita rakyat “Bledug Kuwu” ini dapat membantu orang tua anak usia dini dalam mengajarkan pendidikan karakter terhadap anak usia dini yang mengalami ketidakmatangan sosial-emosional akibat kecanduan gadget.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:37
Last Modified: 22 Oct 2021 05:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item