HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PENYUSUN TUGAS AKHIR

Izmi, Farida (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PENYUSUN TUGAS AKHIR. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
17.E1.0219-Farida Izmi-COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0219-Farida Izmi-BAB I_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
17.E1.0219-Farida Izmi-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17.E1.0219-Farida Izmi-BAB III_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0219-Farida Izmi-BAB IV_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0219-Farida Izmi-BAB V_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0219-Farida Izmi-BAB VI_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0219-Farida Izmi-DAPUS_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0219-Farida Izmi-LAMP_a.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan stres akademik yang terjadi pada Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Program Studi Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah adanya hubungan negatif antara dukungan sosial keluarga dengan stres akademik pada mahasiswa, artinya semakin tinggi dukungan sosial keluarga maka semakin rendah stres akademik, dan semakin rendah dukungan sosial keluarga maka semakin tinggi stres akademik. Populasi penelitian adalah 55 mahasiswa di salah satu PT di Semarang, dengan teknik sampling yaitu, incidental sampling. Skala pengukuran penelitian ini menggunakan Skala Dukungan Sosial Keluarga dan Skala Stres Akademik. Berdasarkan uji hipotesis dengan teknik korelasi Spearman’s rho, didapatkan nilai Rho = -0,395** dengan p = 0,003 (p<0,01), artinya terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan dengan hubungan korelasi yang rendah antara dukungan sosial keluarga dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir, dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Sumbangan efektif yang diberikan dukungan sosial keluarga terhadap stres akademik sebesar 22,4%, sebanyak 77,6% dipengaruhi faktor-faktor lain dari stres akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Job Stress
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 01 Oct 2021 06:06
Last Modified: 01 Oct 2021 06:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26840

Actions (login required)

View Item View Item