KECEMASAN MENGHADAPI MASA PENSIUN DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN SOSIAL PASANGAN HIDUP PADA PNS PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

Noviany, Galuh (2012) KECEMASAN MENGHADAPI MASA PENSIUN DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN SOSIAL PASANGAN HIDUP PADA PNS PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
0-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
1-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
2-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
3-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
4-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB V)
5-BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian iru bertujuan untuk rnenqetahui secara empirik hubungan antara kecerdasan emOSI dan dukungan sosial dari pasangan hrdup dengan kecemasan menghadapi masa pensiun pada PNS Pemenntah Provinst Jawa Tengah. Subjek penelitian Ini adalah PNS dl lingkungan Pemerintah Provlnsi Jawa Tengah, berjerus kelamin pria, dengan golongan III ke atas yang berada pada usia memasuki masa pensiun yartu 55 tahun, status menikah dan isteri masih mendampingi dan tidak bexerja, serta rnernpunyat anak yang masih menempuh pendidikan, sebanyak 60 orang. Skala penelitian yang digunakan adalah skala kecemasan menghadapi masa pensiun skala kecerdasan ernosional dan skala dukungan sosrat pasangan rudup, Sedangkan analisis data penelitian menggunakan Ana/isis Regresi Dua Prediktor dan korelasi Product Moment dari Pearson Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa ada ada huoungan yang sangat signifikan antara kecerdasan ernos onal dan dukungan sosial pasangan hidup dengan kecemasan dalam menghadapi masa pens un dengan Ry 12 = 0,664 (p<O,01). Ada hubungan negatlf yang sangat signllt<an antara kecerdasan emosional dengan kecemasan dalam menghadapi masa pensiun, dengan rX1y = -0,598 (p<O,01), serta ada hubunqan negattf yang sangat slgnlfikan antara dukungan sosial pasangan hidup dengan kecemasan dalam menghadapi masa pensiun, dengan rx2y = -0 571 (p<0,01).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience
Divisions: Graduate Program in Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:40
Last Modified: 30 Apr 2019 08:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18166

Actions (login required)

View Item View Item