PENENTUAN STRATEGI ALTERNATIF PADA USAHA KECIL MENENGAH ALEXA SNACK DENGAN ANALISIS SWOT

Atmaja, Christian Budiman (2018) PENENTUAN STRATEGI ALTERNATIF PADA USAHA KECIL MENENGAH ALEXA SNACK DENGAN ANALISIS SWOT. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
12.30.0067 CHRISTIAN BUDIMAN ATMAJA (8.98).COVER.pdf

Download (556kB)
[img] Text (BAB I)
12.30.0067 CHRISTIAN BUDIMAN ATMAJA (8.98).BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB II)
12.30.0067 CHRISTIAN BUDIMAN ATMAJA (8.98).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB III)
12.30.0067 CHRISTIAN BUDIMAN ATMAJA (8.98).BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
12.30.0067 CHRISTIAN BUDIMAN ATMAJA (8.98).BAB IV.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB V)
12.30.0067 CHRISTIAN BUDIMAN ATMAJA (8.98).BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.30.0067 CHRISTIAN BUDIMAN ATMAJA (8.98).DAPUS.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12.30.0067 CHRISTIAN BUDIMAN ATMAJA (8.98).LAMP.pdf

Download (706kB)

Abstract

Industri dibidang roti di Kota Semarang sudah mulai berkembang. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya toko-toko roti di Semarang, pameran kuliner yang sering diadakan di Kota Semarang. tidak hanya makanan berat, tetapi juga makanan ringan, roti hingga minuman. Maka dari itu untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, UKM Alexa Snack harus dapat menggunakan strategi yang tepat supaya mampu bertahan menghadapi pasar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah alternatif strategi apakah yang dapat diterapkan di UKM Alexa Snack berdasarkan pendekatan SWOT. Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif strategi untuk diterapkan pada UKM Alexa Snack. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kewirausahaan, manajemen strategi, alat analisis strategic, matriks EFE, matriks IFE, matriks IE, jenis-jenis strategi alternatif, analisis SWOT, dan matriks QSPM. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara dan pengisian kuesioner ke pihak internal UKM Alexa Snack dan pihak eksternal yaitu konsumen. Dari hasil penghitungan matriks EFE dan IFE diketahui posisi matriks IE UKM Alexa Snack berada pada sel V yaitu menjaga dan mempertahankan, strategi yang tepat adalah pengembangan produk dan penetrasi pasar. Hasil analisis SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi sebagai berikut : strategi SO yaitu menambahkan beberapa varian produk baru, strategi WO yaitu promosi memanfaatkan media sosial, strategi ST yaitu memberi diskon / bonus produk untuk konsumen yang membeli dalam jumlah tertentu, strategi WT yaitu menggunakan bahan isian roti dengan buatan sendiri. Dari keempat alternatif strategi yang dihasilkan dari analisis SWOT, UKM Alexa Snack memilih satu strategi terbaik dengan menggunakan matriks QSPM, dari hasil matriks tersebut strategi yang terbaik adalah menambah beberapa varian produk baru. Kata kunci :matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, analisis SWOT, matriks QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics > Small Business
> 650 Management > Business Performance > Business plan
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:10
Last Modified: 19 Nov 2018 03:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17178

Actions (login required)

View Item View Item