PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Risniora G, Juan (2005) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.60.0091 Juan Risniora G COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.60.0091 Juan Risniora G BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (BAB II)
00.60.0091 Juan Risniora G BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB III)
00.60.0091 Juan Risniora G BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB IV)
00.60.0091 Juan Risniora G BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB V)
00.60.0091 Juan Risniora G BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.60.0091 Juan Risniora G DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
00.60.0091 Juan Risniora G LAMPIRAN.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Hubungan antara partisipasi anggaran dan senjangan anggaran serta hubungan antara keterlibatan kerja dan senjangan anggaran masih menjadi penyelidikan di beberapa bidang akuntansi dengan perselisihan hasil. Bukti dari perselisihan ini dapat memberikan masukan pada variabel kontinjensi. Penyelidikan pada penelitian ini memasukkan komitmen organisasi sebagai variabel moderating dalam hubungan antara partisipasi anggaran dan senjangan anggaran serta komitmen organisasi sebagai variabel moderating dalam hubungan antara keterlibatan kerja dan senjangan anggaran. Penelitian ini memberi bukti empiris bahwa faktor motivasi dari komitmen organisasi, keterlibatan kerja dan partisipasi anggaran menjadi faktor penting dalam kecenderungan manajer untuk menciptakan senjangan anggaran. Hasil ini menunjukkan bahwa tingginya keterlibatan manajer untuk ikut berpartisipasi dalam penyusunan anggaran akan berhubungan dengan berkurangnya kecenderungan untuk menciptakan senjangan anggaran. Sedangkan untuk manajer yang tingkat komitmennya rendah, maka dalam mencapai tujuan dan nilai bagi organisasi akan meningkatkan kecenderungan dalam menciptakan senjangan anggaran. Dan dengan tingginya komitmen pada perusahaan maka dengan keterlibatan kerja yang tinggi akan mengurangi kecenderungan menciptakan senjangan anggaran, begitu sebaliknya bila manajer dengan komitmen pada perusahaan maka keterlibatan kerja yang rendah akan menambah kecenderungan menciptakan senjangan anggaran. Data yang digunakan untuk penelitian ini, dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada perusahaan industri besar yang terdaftar dalam BPS Semarang. Dimana kuesioner tersebut diisi oleh manajer dari berbagai departemen dan kepala bagian atau staf lain yang bersangkutan. Perusahaan yang berhasil dihubungi sebanyak 20 perusahaan dengan total kuesioner yang kembali sebanyak 70 dan yang dapat diolah sebanyak 66 kuesioner. Data yang telah terkumpul, kemudian diolah dengan bantuan Program Komputer SPSS dan pengujian hipotesis diuji dengan uji regresi. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai koefisien interaksi antara partisipasi anggaran bernilai negatif sebesar -0.00384 dengan tingkat signifikan lebih besar dari 0.05, maka hipotesis 1 ditolak karena tidak mempunyai pengaruh moderating terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan senjangan anggaran. Dari hasil perhitungan pada hipotesis 2 ditunjukkan bahwa nilai koefisien interaksi antara komitmen organisasi dan keterlibatan kerja bernilai negatif sebesar –0.00315 dengan tingkat signifikan lebih besar dari 0.05, maka juga menolak hipotesis 2 dimana komitmen organisasi bukan sebagai variabel moderating terghadap hubungan antara keterlibatan kerja dan senjangan anggaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
> 650 Management > 658 Management > Budgetting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 02:37
Last Modified: 04 May 2017 02:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item