PREFERENSI,TINGKAT KONSUMSI DAN KERAGAMAN PERSEPSI SENSORI PRODUK BISKUIT COKLAT DI KALANGAN SISWA-SISWI SMU SEDES SAPIENTIAE,SEMARANG

ERNAWATI, - (2007) PREFERENSI,TINGKAT KONSUMSI DAN KERAGAMAN PERSEPSI SENSORI PRODUK BISKUIT COKLAT DI KALANGAN SISWA-SISWI SMU SEDES SAPIENTIAE,SEMARANG. Other thesis, Prodi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
04.70.0105 Ernawati COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
04.70.0105 Ernawati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB II)
04.70.0105 Ernawati BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB III)
04.70.0105 Ernawati BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB IV)
04.70.0105 Ernawati BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB V)
04.70.0105 Ernawati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.70.0105 Ernawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
04.70.0105 Ernawati LAMPIRAN.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Biskuit merupakan kue manis dalam bentuk kecil dengan tekstur yang renyah. Kalangan remaja biasanya menggemari produk-produk coklat, salah satunya adalah biskuit dengan rasa coklat. Di pasaran terdapat berbagai merk biskuit coklat, tetapi kesukaan konsumen terhadap tiap merk berbeda-beda. Keberhasilan suatu produk di pasaran sangat ditentukan oleh penerimaan konsumen, begitu pula dengan produk biskuit coklat. Penerimaan konsumen terhadap suatu produk dipengaruhi kebiasaan konsumsi. Kebiasaan konsumsi seseorang sangat ditunjang oleh kriteria mutu seperti faktor fisik dan sensoris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar preferensi, tingkat konsumsi dan keragaman persepsi sensoris remaja terhadap produk biskuit coklat. Penelitian dilakukan di SMU Sedes Sapientiae karena SMU tersebut termasuk salah satu SMU favorit. Jumlah responden diperoleh dengan metode pengambilan sampel secara acak. Data tentang preferensi dan tingkat konsumsi dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel 2003, sedangkan data keragaman persepsi sensoris dievaluasi dengan menggunakan Analisis Klaster (Subroutine Multivariate Exploratory Techniques, Statistica 6.0). Analisis klaster akan menghasilkan dendogram yang menunjukkan hasil pengklasteran antar variabel. Berdasarkan survei yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa tingkat konsumsi laki-laki terhadap biskuit coklat lebih tinggi dibandingkan perempuan. Biskuit coklat yang paling disukai adalah merk Oreo, diikuti oleh Selamat, Biskuat, Dueto, dan Togo. Variabel overall selalu berasosiasi dengan variabel tekstur (hardness dan brittleness). Sedangkan variabel warna selalu berasosiasi dengan variabel rasa. Jika suatu industri pangan ingin melakukan pengembangan produk biskuit coklat, maka perlu memperhatikan variabel rasa, tekstur (hardness dan brittleness) dan warna dalam uji sensorisnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:25
Last Modified: 10 Nov 2016 03:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12391

Actions (login required)

View Item View Item