STUDI TENTANG ASPEK NUTRISI DAN KEAMANAN PANGAN IKLAN PRODUK PANGAN Dl STASIUN TELEVISI TRANS TV BERDASARKAN KELOMPOK USIA KONSUMEN

Baskoro, Gama Arytomo (2005) STUDI TENTANG ASPEK NUTRISI DAN KEAMANAN PANGAN IKLAN PRODUK PANGAN Dl STASIUN TELEVISI TRANS TV BERDASARKAN KELOMPOK USIA KONSUMEN. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.70.0067 Gama A Baskoro COVER.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.70.0067 Gama A Baskoro BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (BAB II)
00.70.0067 Gama A Baskoro BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB III)
00.70.0067 Gama A Baskoro BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text (BAB IV)
00.70.0067 Gama A Baskoro BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB V)
00.70.0067 Gama A Baskoro BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.70.0067 Gama A Baskoro DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
00.70.0067 Gama A Baskoro LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sekarang ini industri pangan harus dapat memberikan jaminan keamanan pangan terhadap kekhawatiran konsumen, tidak hanya perlindungan dari peraturan pemerintah. Dalam situasi saat ini industri pangan hanya dapat memberikan pengaruh kepada konsumen melalui komunikasi yang efektif, misalnya melalui iklan. Berbagai macam media telah digunakan untuk mempromosikan dan mengiklankan produk pangan melalui koran, radio, dan televisi. Bagaimanapun juga iklan produk pangan terutama yang diiklankan melalui televisi tidak mencakup semua jenis produk pangan. Hal ini dikarenakan ketidakseimbangan asupan gizi pangan oleh masyarakat. Dengan demikian terdapat resiko keseimbangan gizi dan keamanan pangan. Lebih jauh lagi, iklan produk pangan ditujukan kepada kelompok sasaran berbagai usia maka tingkat resiko nutrisi dan keamanan pangan bisa bervariasi untuk masing-masing kelompok usia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak iklan pangan di Trans TV yang ditujukan kepada kelompok usia konsumen tertentu berdasarkan perspektif gizi dan keamanan pangan. Iklan produk pangan dibagi menjadi 13 kelompok klasifikasi produk pangan yang mengacu pada Eurocode 2000 berdasarkan pengamatan selama 2 minggu di Trans TV. Iklan produk pangan yang dianalisa berdasarkan frekuensi, durasi, dan total paparan. Hasil analisa dikelompokkan berdasarkan kelompok usia konsumen. Lima besar paparan iklan produk pangan di Trans TV adalah susu dan olahannya (50%), minuman (20%), multivitamin (13%), snack, saus dan olahannya (7%), kembang gula (6%). Iklan produk pangan yang ditujukan untuk anak-anak memiliki proporsi terbesar dibandingkan iklan produk pangan yang ditujukan kelompok usia lainnya. Jumlah merek dan frekuensi iklan produk pangan terbanyak ditujukan untuk anak-anak. Jumlah merek dan frekuensi untuk anak-anak memiliki nilai rata-rata yang signifikan yang berakibat ketidakseimbangan asupan gizi pangan untuk kelompok usia lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
> 660 Chemical engineering > Food Technology > Nutrition
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 02 Feb 2017 01:42
Last Modified: 02 Feb 2017 01:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12330

Actions (login required)

View Item View Item