HANDAYANI, NITA (1998) EVALUASI PENENTUAN HARGA JUAL (STUDI KASUS PADA PT. KUBOTA INDONESIA). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
92.30.1365 Nita Handayani COVER.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
92.30.1365 Nita Handayani BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University))
92.30.1365 Nita Handayani BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University))
92.30.1365 Nita Handayani BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University))
92.30.1365 Nita Handayani BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
||
Text (BAB V)
92.30.1365 Nita Handayani BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1365 Nita Handayani DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
92.30.1365 Nita Handayani LAMPIRAN.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Dalam era kompetlei yang e emak1n tajam~ perueahaan-pe~eah~ mengubah etrategi ~maearannya dengan meletakk~ kepuas an consumen eebogsi priorit ae utama dalam mengarahkan kegiatan blsnia mereka. Perueahan- perueohaan haruo mampu menghaeilkan produk atau jass yang bermutu dengan hargs yang rendah untuk depat tetap bertahan dl paear. Pads u:atIJlTIlly 8. . biaY6 tidak tnenentukan harga jual produk atau jaea. Herga jual 5U~tu produk t erbent uk dt paear eehega1 interakei antard jumlah permintaan dan penawaran dt poe8r. Naronn manajemen puncak memerlukan informeei biaya penuh untuk memperhltunskan koneekuenai labo dari eetlap alternatif har jual yang terhentuk di pooar. Perumuean maeeleh da --ekr~ei ~ni aa~ah basaimana penentuan harsa ju.~meBin ~da PT. Ku Indono81a~ barge. jual pads. 'J Kubolia ndoneei Kedu.a, qtuk menge- Tujua..-mya yang peJlJam8 adalab untuk men sevalu penentuan te.hui k6Ungsul {dan kelemahan P,endekatan harl!&' Jual • Yang ketiga. unt'ult menciapatlul,n _ etah1.i tei .. Eens arti pentingnye perana~ har. a dalam me~adapi ~r5ain& erta untult mempel"¥e.rii.!'ratesi pen,\ntuen ha~SI\ Jua bile. dikaitkan dens teor -teori ~t~ harga yens d~~p .. t di bangku kuliah. :N:ia keg~,.e. • pert a d i ar~kan dar1 haeil ~~1J. l tian in! me,mIJuny i aanf"aat dan rguns. eebasai bah maeukfn baa! per.upaha~ berkaitan dengan kebijakeano.an n etr9-teli l?€nen:tU.an haraa jual. ~eh ingga perueahaan da ' a t U\~j' ad'i1umny8. eebaaai pedGtman umbm bagi pelakaanaan etiategi pene.ntuan har.g8, jusl a Ke#, untuk. mengetahui eam~a eedaub ~eee1ri-teo~ tentans harsa dapat di terapka ad .. 8Ue..!:u.::ke .. d<I .. n ya1is eenY: .tanya dl 6Uatu perueahaan. ~ ~ Hanfaat penulie&n e ipsi lni ad~lah eebagai awal untuk mengurangl ket a~ian\ yan8 dihada~ oleh pengambi 1 keputuean. daoa t"!"yan lAeDlb r1kan' ifftllindunsan bagi perueahaan dari kemun~k.inan :an., "'lIlemungkinkan mana,jer penentu hlS:rga jual melonsok eti1.ilttur biaya perueahaan peeaing. daear untuk pengamb11an keputu69n perueahaan memasuki paear. PT. Kubota Indonesia menggunakan eiet em harsa pokok yang ditentukan d1 rouka dengan mensgunakan metode harsa pokok p~oduk ditambah dengan laba yanS ditaraetkan dalam penentuan harge. jual produk meein dieeelnya. Dalam penentuan harge. jual meeln dieeel,. PT _ Kubota Indoneeia mengsunakan data biaya etandor. Adapun komponen blaya yang membentuk harsa jual meein dieee 1 adal"h eebagai berikut : berikut : Blaya Bahan Baku. Biaya Tenaga Kerja Lang6Ung (BTKL). Biaya Overhead Pabrik (BOP). Biaya adminletraei dan Umum. Biaye. Pemaearan. Rincian biaya adalah eebaga1 berlltut ; Biaye. bahan baku untuk model KNO 190 01 Rp. 1.346.073.697,62. Hode KND 220 DI Rp. 1.165.907.597,62. Hodel KHD 250 D1 Rp. 2.054.496.697,62. Biaya tena~a kerja lang~a Rp. 1.699.194.674. Biaya adminietraei dan umum Rp. 222.337,066. Blaya pemaoaran Rp. 119.691,074. Elemen blaya produkei untuk penentuan harsa jusl meein meliputl Biays Bahan Baku. Biaya Tenaga Kerja Lang~g. Biaya Overhead Pabrik. Sedanskan elemen blaya non produkei mellputl Blaya Adminie tree! dan umum serta biaya pema8Bran. Pada ~nali8i6 data dibahae tentang tujuan penentuan harge jual pade PT. Kubota Indonesia. Yang pertama adalah agar biod hereaing dengan Pt'oduk eojenl0. Kedu6. agar produk bieB terjanskau oleh konaumen. Dan ketiea. tujuan target laba yaitu perueahaan menetapkan tinskat laba tertentu eebagai tujuan. F'lktor-fllktor yon" keadaan P~,~;:~:;~":~~.~l~~~ tae permintaan. DeIsm pener.tuan Itan faktor (khueuenya diharspkan. citra atau dan reakei mi. gaya eoo1al Keunggulan perueahaan perlu eehingga tidak pemaearan d~ ~~;;~~~t,ah~a~~rga elaaedtlaolaihyang ekonojawab , aK1u beoktoan oImnid~On' ,~~!e:;i::a:l~~r:~::~~~~~~~i;~.~ ikan. Kena ikan diimbansi dengan kenaikan biaye. an bie.ya. oleh PT. aituatidak Keeimpulan dari penuliean ekripei in1 adalah harBs jual yang ditetapkan perueahaan mempunyai kemampuan yang beear untuk menutup biaya operaeional yang dikeluarkan guna memprodukei meein diecel. Kcmudian harga jual yans ditetaPKan perueahaan memberikan lobe. 6epertl yang dharapkan perueahaan y.aitu eebeear 10%. Dan penetuan harga jual tneein diesel yang dilakukan oleh PT. Kubota Indot1$sia '0 , adalah dengan .. .menggunak'a.n metode anssaren di mana .biaya I produkei, 'b1aya, Overhead pabrik dan biaya ·penjualan dlte-. tapkan eobeear 5% dari biaya material dan bea ma~. Harga jual yang ditetllpkan Budah termasuk pajak penjullian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 17 May 2016 07:09 |
Last Modified: | 17 May 2016 07:09 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9236 |
Actions (login required)
View Item |