PEMBELAJARAN AKSARA JAWA MELALUI GAME BELAJAR HANACARAKA

Setiawan, Yonathan Happy (2017) PEMBELAJARAN AKSARA JAWA MELALUI GAME BELAJAR HANACARAKA. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
13.07.0065 Yonathan Happy Setiawan COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0065 Yonathan Happy Setiawan BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
13.07.0065 Yonathan Happy Setiawan BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
13.07.0065 Yonathan Happy Setiawan BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0065 Yonathan Happy Setiawan BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0065 Yonathan Happy Setiawan BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0065 Yonathan Happy Setiawan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0065 Yonathan Happy Setiawan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pelajaran Bahasa Jawa, Aksara Jawa adalah hal yang biasa ditemui dalam pelajaran. Aksara Jawa atau biasa dikenal dengan sebutan Hanacaraka adalah aksara tradisional dari Indonesia yang digunakan untuk menulis Bahasa Jawa. Aksara Jawa diajarkan di sekolah-sekolah dimulai dari jenjang SD hingga SMA. Meski sudah diajarkan sedari jenjang Sekolah Dasar, namun bagi sebagian murid Aksara Jawa tetap menjadi materi yang sulit untuk dikuasai. Berdasarkan hasil survey dan wawancara yang dilakukan pada siswa-siswi Sekolah Dasar, menujukkan cara pembelajaran materi Aksara Jawa masih menggunakan metode yang konvensional dan kurang efektif. Fakta tersebut dibuktikan dengan hasil nilai harian siswa yang kurang dari standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara yang diambil dari jurnal ilmiah yang menyatakan bahwa guru sering kali mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi Aksara Jawa. Oleh karena itu, dengan dibuatnya game “Belajar Hanacaraka” yang memuat materi tentang Aksara Jawa diharapkan dapat membantu pemainnya dalam mempelajari dan menguasai Aksara Jawa. Dipilihnya game sebagai sarana pembantu adalah agar pemain dapat bermain sambil belajar. Selain itu, game edukasi juga merupakan dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:29
Last Modified: 31 May 2022 03:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

View Item View Item