IWANTO, RENDY (2010) EVALUASI PEMASOK DVD, DISPENSER, DAN MAGIC COM PADA TOKO MAKMUR SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
06.30.0096 Rendy Iwanto COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
06.30.0096 Rendy Iwanto BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0096 Rendy Iwanto BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0096 Rendy Iwanto BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0096 Rendy Iwanto BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
Text (BAB V)
06.30.0096 Rendy Iwanto BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0096 Rendy Iwanto DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
06.30.0096 Rendy Iwanto LAMPIRAN.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Persaingan yang semakin kompetitif dewasa ini mendorong setiap bidang usaha untuk dapat selalu menjalankan bisnisnya masing-masing. Jika suatu perusahaan atau organisasi memiliki keunggulan kompetitif yang membedakannya dengan organisasi atau perusahaan lain, maka hal ini telah menjadi sesuatu yang lain dari lain dan membedakannya dengan pesaingnya yang sejenis. Salah satu hal yang patut mendapatkan perhatian dari sebuah perusahaan adalah pemasok atau supplier. Hal ini disebabkan karena pemasok merupakan pihak yang memasok produk kepada perusahaan, apabila pemasoknya memiliki kualitas yang baik, maka akan membuat perusahaan yang dipasok juga memiliki citra baik di mata masyarakat. Selain itu apabila pihak pemasok selalu tepat waktu, harganya bersaing, dan memiliki berbagai kelebihan lainnya, maka akan menjadikan perusahaan yang dipasok untuk lebih sukses lagi. Hal ini juga berlaku untuk perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan jasa. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa adalah Toko Makmur. Toko Makmur merupakan sebuah toko yang menjual peralatan rumah tangga dan barang elektronik. Maka penelitian ini akan melakukan evaluasi produk terlaku Toko Makmur yaitu DVD, dispenser dan magic com. Perumusan masalah yang dapat dikemukakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: ”Bagaimana evaluasi pemasok prioritas produk DVD, dispenser dan Magic com bagi Toko Makmur Semarang?” Pada penelitian ini dilakukan pembatasan masalah yaitu fokus pada pemasok tiga produk yaitu: DVD, dispenser dan Magic com karena tiga jenis produk inilah yang paling laku dan sering mengalami kesulitan atau kendala dalam pengadaan barang-barang ini. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: untuk menentukan evaluasi pemasok prioritas produk DVD, dispenser dan Magic com bagi Toko Makmur Semarang. Lokasi pada penelitian ini adalah pada Toko Makmur yaitu di: Jalan M.T. Haryono No. 966, Semarang. Alasan dipilihnya perusahaan ini sebagai obyek pada penelitian ini adalah karena Toko Makmur belum pernah dijadikan penelitian tentang topik serupa, maka diharapkan dengan adanya evaluasi pemasok ini perusahaan dapat menemukan pemasok yang terbaik. Jenis data pada penelitian ini adalah sebagai berikut: data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara: Kuesioner dan wawancara. Alat atau teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis nilai. Dari hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Prioritas pemasok produk DVD bagi Toko Makmur adalah: UD. Buana Mas, UD. Fajar Baru, dan UD. Sumber Terang. (2) Prioritas pemasok produk Dispenser bagi Toko Makmur adalah: UD. Buana Mas, UD. Fajar Baru, dan UD. Sumber Terang. (3) Prioritas pemasok produk Magic Com bagi Toko Makmur adalah: UD. Buana Mas, UD. Sumber Terang, dan UD. Fajar Baru. Saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini antara lain adalah: (1) Sebaiknya pihak Toko Makmur memilih pemasok terbaik untuk masing-masing produknya karena akan dapat memaksimalkan kinerjanya di masa mendatang. (2) Pada penelitian serupa di masa mendatang dapat dilakukan perbandingan antara pemasok yang sama tetapi toko yang berbeda atau beberapa toko dengan bidang bisnis yang sama
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 02 May 2016 06:34 |
Last Modified: | 02 May 2016 06:34 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8760 |
Actions (login required)
View Item |