STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GIMBAB.KOE DENGAN METODE SWOT

QUR'AANI, NOVIA MUTIARA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GIMBAB.KOE DENGAN METODE SWOT. S1 thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
17.D1.0235-NOVIA MUTIARA QUR'AANI-COVER_a.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
17.D1.0235-NOVIA MUTIARA QUR'AANI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
17.D1.0235-NOVIA MUTIARA QUR'AANI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
17.D1.0235-NOVIA MUTIARA QUR'AANI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
17.D1.0235-NOVIA MUTIARA QUR'AANI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17.D1.0235-NOVIA MUTIARA QUR'AANI-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
17.D1.0235-NOVIA MUTIARA QUR'AANI-DAPUS_a.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
17.D1.0235-NOVIA MUTIARA QUR'AANI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)

Abstract

Gimbab.koe merupakan suatu usaha rumahan yang didirikan sejak Oktober tahun 2023. Berawal hanya dari dapur rumahan, terinspirasi dari beberapa variety show dari Korea Selatan yang sering ditonton dan ditengah tren makanan Korea yang sedang banyak bermunculan dikalangan masyarakat saat ini. Gimbab.koe sudah berjalan dalam kurun waktu tiga bulan, namun masih beberapa kendala yang dihadapi. Seperti halnya belum memiliki outlet offline, karena untuk saat ini sistem pemesanan produk masih dilakukan secara online dengan mencakup pelanggan lewat media sosial seperti, Instagram, Whatsapps. Dengan sistem pemesanan pre-order dengan skala waktu seminggu empat kali produksi di hari Senin-Rabu-Jumat-Minggu, sehingga penjualan masih belum maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi mengembangkan usaha Gimbab.koe agar lebih baik untuk masa depan. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik pengambilan data dengan membagikan kuersioner kepada 20 responden dari pelanggan Gimbab.koe yang sudah membeli produk makanan Gimbab.koe lebih dari dua kali dalam periode Oktober hingga Desember 2023. Penelitian ini mendapatkan hasil berupa strategi dari hasil analisis IE dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis IE Gimbab.koe mendapatkan hasil posisi matriks berada pada kuadran I yang berarti mendapatkan strategi tumbuh dan berkembang, sehingga membutuhkan strategi intensif dan strategi integrasi. Berdasarkan Analisis SWOT dan hasil pembobotan pada IFAS dan EFAS dapat diketahui bahwa strategi yang dapat diutamakan dari hasil yang tertinggi hingga terendah adalah startegi SO, yang kedua strategi ST, yang ketiga strategi WO, dan yang terakhir adalah strategi WT. Maka dari hasil analisis SWOT dan pembobotan IFAS dan EFAS strategi yang cocok untuk Gimbab.koe yaitu kombinasi strategi dari SO atau StrenghOpportunity yang dapat diimplementasikan untuk Gimbab.koe, dengan memaksimalkan rasa yang enak dan variasi yang banyak untuk di brandingkan dan jadi fokus promosi. Menciptakan formula resep isian rasa yang lebih Indonesia dengan memformulasikan cita rasa nusantara, seperti rendang, sambal balado, dkk. Membuat promo yang menarik seperti pembuatan konten yang menampilkan produk dan harga promo menarik dari Gimbab.koe, juga membuat promo paket bundling dengan memaksimalkan variasi menu yang dimiliki.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr. Jodi Armanto
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:43
Last Modified: 25 Oct 2024 07:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36210

Actions (login required)

View Item View Item