Setiawan, Evelyn Yulia (2018) ANALISIS PROSES SUKSESI BISNIS KELUARGA BERBUDAYA TIONGHOA DENGAN KONSEP KONFUSIANISME PADA RM. BAKMI RASA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
14.D1.0099 EVELYN YULIA SETIAWAN (5.67).COVER.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
14.D1.0099 EVELYN YULIA SETIAWAN (5.67).BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
14.D1.0099 EVELYN YULIA SETIAWAN (5.67).BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
|
Text (BAB III)
14.D1.0099 EVELYN YULIA SETIAWAN (5.67).BAB III.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
14.D1.0099 EVELYN YULIA SETIAWAN (5.67).BAB IV.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
14.D1.0099 EVELYN YULIA SETIAWAN (5.67).BAB V.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.D1.0099 EVELYN YULIA SETIAWAN (5.67).DAPUS.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
14.D1.0099 EVELYN YULIA SETIAWAN (5.67).LAMP.pdf Download (635kB) | Preview |
Abstract
Perusahaan keluarga merupakan salah satu perusahaan yang dominan dalam perekonomian di Indonesia dan . umumnya dikelola oleh anggota keluarga itu sendiri. Untuk mempertahankan keberlangsungan hidup perusahaan, strategi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan suksesi. Suksesi adalah proses memberikan perusahaan kepada generasi selanjutnya agar perusahaan yang sudah didirikan dapat bertahan lama. Proses suksesi itu sendiri akan sulit dilakukan pada perusahaan yang masih menjunjung tinggi budaya atau adat istiadat keluarga. Dimana budaya keluarga yang dianut dapat mempengaruhi jalannya perusahaan keluarga, salah satunya adalah proses suksesi, dimana budaya digunakan sebagai dasar dalam pemilihan suksesor. Teori budaya yang digunakan yaitu budaya Tionghoa Konfusianisme dengan 5 ajaran dasar menurut K’ung Tzu dan teori tujuh tahap proses suksesi menurut Longenecker dan Schoen. Penelitian ini berisi tentang analisis mengenai penerapan budaya Tionghoa Konfusianisme pada proses suksesi dan tahapan proses suksesi RM. Bakmi Rasa Semarang, yang terletak di Jalan Tlogosari Raya 2 no 27 Semarang. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana pengambilan sampel terbatas pada orang-orang tertentu yang memenuhi kriteria yang telah diajukan oleh peneliti sebelumnya. Maka sampel yang dipilih meliputi Bapak Anton (pemilik RM. Bakmi Rasa), 4 orang anak kandung Bapak Anton, dan 2 orang karyawan sehingga jumlah total sampel adalah 7 orang. Analisis data dilaksanakan melalui proses wawancara kepada 7 orang sampel kemudian menarik kesimpulan diakhir sesuai dengan tanggapan masing-masing responden. Hasil penelitian yang diperoleh berupa analisis mengenai penerapan budaya Tionghoa Konfusianisme pada proses suksesi RM. Bakmi Rasa dan tahapan proses suksesi RM. Bakmi Rasa. Kata Kunci : Bisnis keluarga, Suksesi, Budaya Tionghoa Konfusianisme
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics > Small Business |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 03:24 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 06:54 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17254 |
Actions (login required)
View Item |