Hartono, Felita (2017) PROSES INOVASI DAWET DARI SEGI ISI DAN RASA. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
13.30.0002 Felita Hartono COVER.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
13.30.0002 Felita Hartono BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text
13.30.0002 Felita Hartono BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
||
|
Text
13.30.0002 Felita Hartono BAB III.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
13.30.0002 Felita Hartono BAB IV.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
13.30.0002 Felita Hartono BAB V.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
13.30.0002 Felita Hartono DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
13.30.0002 Felita Hartono LAMPIRAN.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Inovasi dawet dari segi isi dan rasa adalah inovasi yang timbul dikarenakan ingin menciptakan minuman dawet yang memiliki rasa yang bervariatif dan menyehatkan. Umumnya minuman dawet yang sudah ada dipasaran memiliki rasa plain pada dawetnya dan menggunakan kuah santan. Pada kali ini peneliti akan melakukan pengembangan pada minuman dawet yaitu dengan menggunakan bubuk teh hijau sebagai rasa baru pada dawet dan penggunaan krimer sebagai bahan pembuatan kuah minuman dawet.Terpilihnya bubuk teh hijau karena, teh hijau sendiri memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh manusia. Sedangkan terpilihnya krimer, karena penggunaan krimer masih jarang dijumpai dipasaran. Inovasi minuman dawet ini melalui tahapan idea generation, opportunity recognition, idea evaluation, development, dan commercialization. Pada tahap idea generation, ide inovasi telah didapatkan terlebih dahulu oleh penulis yaitu dengan melakukan observasi pada penjual minuman dawet di lingkungan sekitar, browsing pada internet, sehingga diperoleh ide inovasi dawet dari segi isi kuah dan rasa. Selain melakukan observasi, penulis juga melakukan penyebaran kuesioner kepada 30 responden minuman es dawet Kampung Kali, yang bertujuan untuk mendapatkan ide- ide yang berpotensial untuk dikembangakan pada inovasi dawet dari segi isi dan rasa. Tahap selanjutnya yaitu tahap opportunity recognition. Pada tahap ini dua ide tertinggi dari segi isi kuah dan rasa yang berasal dari respon responden yaitu dawet rasa teh hijau, dawet rasa mocha, serta kuah krimer dan kuah susu kedelai dilihat dari kapabilitas faktor internal dan faktor eksternal untuk mendapatkan kriteria-kriteria yang digunakan untuk tahap selanjutnya yaitu idea evaluation. Tahap idea evaluation dilakukan seleksi antara ide dengan peluang dan kapabilitas faktor internal dan eksternal yang selanjutnya diambil satu ide tunggal pilihan responden yaitu dawet teh hijau dengan kuah krimer. Pada tahap development dilakukan pembangunan produk yang berdasarkan dari kriteria yang telah didapatkan yaitu dawet teh hijau bertekstur kenyal dengan kuah krimer dan kemasan gelas cup,selanjutnya dilakukan uji reaksi pasar kepada responden untuk mengetahui reaksi atas produk inovasi. Dari hasil uji reaksi pasar, dawet teh hijau dengan kuah krimer mendapatkan tanggapan positif terbaik dari para responden, oleh karena itu tidak perlu dilakukan perbaikan dan uji reaksi pasar kedua. Selanjutnya di tahap commercialization, mayoritas responden berpendapat untuk mempromosikan dawet teh hijau dengan kuah krimer melalui media sosial dan berjualan di area sekolah ataupun kampus.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home & family management > Food and Drink |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 15 Dec 2017 01:18 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 03:19 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15526 |
Actions (login required)
View Item |