ANALISIS TANGGAPAN KONSUMEN SABUN MANDI KESEHATAN TERHADAP BEBERAPA UNSUR BAURAN PEMASARAN (STUDI KASUS UNTUK LIFEBOY, NUVO DAN MEDICARE)

APRILIA, NILA (2003) ANALISIS TANGGAPAN KONSUMEN SABUN MANDI KESEHATAN TERHADAP BEBERAPA UNSUR BAURAN PEMASARAN (STUDI KASUS UNTUK LIFEBOY, NUVO DAN MEDICARE). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
97.30.3280 Nila Aprilia COVER.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB I)
97.30.3280 Nila Aprilia BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3280 Nila Aprilia BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3280 Nila Aprilia BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3280 Nila Aprilia BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3280 Nila Aprilia BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3280 Nila Aprilia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
97.30.3280 Nila Aprilia LAMPIRAN.pdf

Download (808kB)

Abstract

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat atas kesehatan dan kebersihan tubuh berdarnpak pada semakin banyaknya perusahaan yang mengha-;ilkan produk kesehatwl yWlg Illellgkhususkan diri sebagai produk pellcegah ataupun anti kwnwl. Salah satu produk pencegah atau anti kwnan yang paling banyak dikonswnsi olel! masyarakat adaJah sabWl mandi kesehatan. Semakin banyaknya produk SablUl mandi kesehatan menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat ant.ar pemsahaan. Oleh karena. itu, pemsahaan berusaha Wltuk membuat sesuatu yang membedakan produk perusabaanllya dellgan produk perusahaan lain.Untuk mengetahui apakah produlmya sudah memenuhi harapan kOllswnell atOll belwn, perusabaon periu Wltuk mengetahui tanggapan konswnell terhadap produlmya Berdasarkan unian diatas, maka judul penelitian yang diarnbil adalah "ADalbi!,.'/f~~a an Konsumen Sabun Mandi Kesehatan T erhadap Beberap.,a {Jurur Dauran P-elnasa an (Studi Kasu$ lJntuk Lifebuoy, Nuvo dan Medica e '. Tujuan yW18 it18i rliicapai dnlam penelitian illi yai Wltuk mellgetahui tWlggapan konswuen terhadap illdikator baw'Bll pemas~~m saoun mandi kesehatan Lifebuoy, Nuvo dan Medicare. Hasil peneLitian ini diharapkan d at memberikan manfaat bagi perusah produsen Lifebuoy, tWO dan Medicare. DaJam penelitian ini, engambilan sar,npel dilakukarr- dengan menggIDlakan tekllik snowball sampl ng, yai teknik (Ii ana aplpeJ diarqbil de gan cara memilih 9at1l respolld~n yan memen~i syarm: dan kemud!On resPlondeu ~~rs~but merekomendaslkan responden lam .. yang Juga memenuh! syar iUntuk dlja(hkan responden begitu sete nya hingga jwnlah re,Sponden rpencapai 00 orang dengan alasan keterbatasan sumBe daya peneriti_ iian jug jwnlah flopulasi yWlg tidal:: diketahui. Metode pengwnRu an data yang igunakan adalah wlgketlkuesioner. Metode analisis data YWl8 i&makan adalah teknik beda emantik POOa metode anaIisis ini, subyek diminta Uri. memberikan bol)o p.e-D laian mereka terhadap stimulus menurut kata sifat yang ada p Be 19p kontinwn dalarn skala. Kontinum dalam teknik ini dibagi alas 7 bagian YWl8 diberi angka 1 sampai dengwl 7, mulai dari kutub tida menguntungkan sampai kutub YWl8 menguntwlgkan. AnaJisa yang dinilai oleh konswnen meliputi 15 atribut yaitu aroma yang dimiliki, variasi/jenis produk, keawetan pengooaan, kemarnpuan rnenghilangkan gatal-gatul dan bau badan, kemarnpuan tidak membuat kuJit kering, kemampuan lmtuk melembutkan dan menghaluskan kulit, harga sal)un dibandingkan dengwl kualitas, perbwldingan harga diantara ketiga merek sabun, kemudabwl memperoleh, ketersediaan pada waktu alean membeli, kelengkapan variasi produk, ketersediaan pada waktu membeli berapapWl jwnlahnya, frekuensi penayangan iklan di televisi, kejelasan penyampaian informasi melalui ikla'l di televisi, kemenarikruI bintang iklan. Dari hasil skema beda semantik secara keseluruhan tanggapan konswnen terhadap atribut bauran pemasaran Lifebuoy, Nuvo dan Medicare adalah baik atoo positif Berdasarkan hasil analisa tersebut, Lifebuoy harus mempertahankan unsur haursn pemasaran yang sudah ada Us aha yang dapai dilakukan oleh perusahaan produsen Lifebuoy adalah detl,gan melakukan evaIuasi secara terus menerus terhadap perilaku konswnen dan terus mencennati industri sabun khususnya sabun mandi kesehatan. Us aha yang dapat dilakukan produsen Nuvo adalah dengan melakukan evaluasi secara terns menerns terhadap perilaku konswnen dan terns meHcermati industri sabun khususnya sabun mandi kesehatan. Usaha yang dapai dilakukan produsen Medicare untuk memperbaiki unsure bauran pemasararmya adalah dengan menambah aiau mencari bahan kimia yang dapat melembutkan dan menghaluskan kulit, karena indikator ini mendapat t.anggapan negatif dari konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 09:59
Last Modified: 25 May 2016 09:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9498

Actions (login required)

View Item View Item