ANALISIS POSISI PERSAINGAN MEREK MOBIL STUDI KASUS: MINIBUS 1000 CC MEREK HYUNDAI ATOZ, KIA VISTO, DAN SUZUKI KARIMUN TAHUN 2000 - 2001 DISEMARANG

BARA, AGATHA CHRISTIANI RITA (2002) ANALISIS POSISI PERSAINGAN MEREK MOBIL STUDI KASUS: MINIBUS 1000 CC MEREK HYUNDAI ATOZ, KIA VISTO, DAN SUZUKI KARIMUN TAHUN 2000 - 2001 DISEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
98.30.3587 Agatha Christiani Rita B.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
98.30.3587 Agatha Christiani Rita B..BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3587 Agatha Christiani Rita B..BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3587 Agatha Christiani Rita B..BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3587 Agatha Christiani Rita B..BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3587 Agatha Christiani Rita B..BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3587 Agatha Christiani Rita B..DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
98.30.3587 Agatha Christiani Rita B..LAMPIRAN.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dengan pesat. Perkembangan tersebut sangat berpengaruh di segala bidang termasuk di bidang industri otomotif. Persaingan industri otomotif di Indonesia saat ini sangat ketat yang ditandai dengan masuknya berbagai jenis dan l11erek 1110bil. Walaupun saat ini Indonesia sedang dihantam oleh badai krisis moneter yang sangat hebat, namun peminat di bidang otomotif justri kian bertarnbah. Terdapat berbagai macam merek dan jenis mobil yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Dan tiap jenisnya juga memiliki kapasitas (cc) yang berbeda~ beda. Saat ini, jenis mobil yang sangat diminati masyarakat Indonesia adalah jenis minibus, karena termasuk dalam kategori mobil niaga yang pajaknya tidak terlalu mahal. Oleh karena itu banyak sekali merek-merek minibus yang muncul di pasaran Indonesia diantaranya merek HYUNDAI ATOZ, KIA VISTO, dan SUZUKI KARIMUN. Ketiga merek tersebut mempunyai beberapa kesamaan, misalnya jenis, model, dan displacdementnya (kapasitas / cc). HYUNDAI ATOZ merupakan minibus 1000 cc yang baru dipasarkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2000. KIA VISTO merupakan l11erek minibus 1000 cc yang baru muncul di pasaran Indonesia pada akhir tahun 2000. Sedangkan SUZUKI KARIMUN sudah dipasarkan di Indonesia sejak awal tahun 2000. Menyadari adanya pasar potensial bagi industri otomotif di Indonesia terutama untuk jenis minibus 1000 cc, maka perusahaan hams mengidentifikasi posisi perusahaan dan perlu mengetahui posisi pangsa pasamya untuk menentukan dan merumuskan kembali strategi posisi persaingannya guna mengikuti situasi pasar yang selalu berubah. Oleh karena itu pene1itian ini diberi judul "Analisis Posisi Persaingan Mobil Minibus 1000 cc Merek HYUNDAI ATOZ, KIA VISTI, dan SUZUKI KARIMUN di Semarang". Masalah yang akan diteliti adalah bagainlana posisi persaingan dan perubahan posisi mobil minibus 1000 cc merek HYUNDAI ATOZ, KIA VISTO, dan SUZUKI KARIMUN di Semarang. Alat analisis yang digunakan dalam analisis kasus ini adalah Boston Consulting Group Matrix. Boston Consulting Group lvlatrix atau sering disebut Matriks BeG adalah matriks yang memberikan gambaran posisi persaingan perusahaan berdasarkan pangsa pasar perusahaan dalam perbandingan industri dan pertumbuhan penjualan perusahaan dalam perbandingan industri (Budiprasetyo, 2000 : 69). Dalam model BeG Matriks atau Boston Consulting Group Matrix, sajian se1uruh prosentase pertumbuhan pasar tahunan digambarkan dalam sumbu vertical, dan sumbu horinzontalnya menggambarkan posisi persaingan relatif. Industri mobil jenis minibus 1000 cc untuk masing-masing merek dituntut untuk dapat mel11peroleh hasil yang optimal sehingga dapat menjaga ke1angsungannya. Oleh karena itu perlu diketahui market growth dan market share dari jenis mobil minibus 1000 cc merek HYUNDAI ATOZ, KIA VISTO, dan SUZUKI KARIMUN guna mengetahui posisi masing-masing merek di dalam pasar, apakah sebagai stars, question mark, cash cows ataukah sebagai dogs. Stars merupakan kondisi dimana pangsa pasar produk dan pertumbuhan pasamya sama-sarna tinggi. Question Mark merupakan kondisi yang proyeksinya agak mengootungkan di masa yang akan dating. Cash Cows menggambarkan kondisi dimana pangs a pasar produk tinggi dan pertumbuhan pasamya cenderoog melambat. Dogs merupakan kondisi dimana pangsa pasar produk rendah dan pertumbuhan pasarnya juga rendah. Penelitian ini dilak-ukan di kota Semarang dengan objek penelitian mobil jenis minibus 1000 cc merek HYUNDAI ATOZ, KIA VISTO, dan SUZUKI KARIMUN. Data yang digunakan adalah data penjualan dengan indikator data balik nama baru merek-merek mobil minibus 1000 cc tahun 2000 dan 2001 secara triwulanan. Setelah dilak.-ukan perhitungan dari data-data yang telah diperoleh maka hasil analisisnya adalah merek HYUNDAI ATOZ pada tahun 2000 triwulan II menduduki posisi question mark, triwulan ill rnenduduki posisi cash cows, dan triwulan IV menduduki posisi stars. Pada tahun 2001 triwulan I tetap menduduki posisi stars, triwulan II menduduki posisi question mark, triwulan III menduduki posisi cash cows, dan triwulan IV Inenduduki posisi stars. Merek KIA VISTO barn diluncurkan di pasaran Indonesia pada akhir tahun 2000 maka pada tahun 2000 triwulan I-III belum menduduki posisi apapoo di dalam industri. Namun pada triwulan IV telah nlenduduki posisi question nlark. Pada tahoo 2001 triwulan I juga masih tetap menduduki posisi yang sarna yaitu question mark, dan pada triwulan II juga masih bertahan di posisi question mark. Namun pada triwulan III posisinya sangat turun yaitu di posisi dogs dan akhimya triwulan IV posisinya kembali ke posisi question mark. Merek SUZUKI KARIMUN tahun 2000 triwulan II menduduki posisi question mark, triwulan TIl posisinya berada di cash cows, dan triwulan IV kembali lagi ke posisi question mark. Pada tahun 2001 triwulan I posisinya masih tetap pada posisi question mark, triwulan II posisinya meningkat tajam ke posisi stars. Namun kemudian pada triwulan III posisinya jatuh ke posisi cash cows, dan kembali pada triwulan IV kembali lagi ke posisi stars. Dari hasil analisis tersebut maka dapat terlihat bahwa posisi persaingan tertinggi diduduki oleh merek HYUNDAI ATOZ, dan posisi kedua diduduki oleh SUZUKI KARIMUN, dan' posisi terakhir diduduki oleh KIA VISTO. Posisi HYUNDAI ATOZ relatif berada pada posisi stars~ sedangkan SUZUKI KARIMUN dan KIA VISTO relatifberada pada posisi question mark. VI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 May 2016 04:02
Last Modified: 04 May 2016 04:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9033

Actions (login required)

View Item View Item