PERSEPSI RESPONDEN TERHADAP BERBAGAI MEREK MOBIL BERDASARKAN TOP OF MIND, PERSEPSI RESPOND EN TERHADAP MEREK, BRAND LOYALTY, DAN PERCEIVED QlIAUIY

ARIF .R, - (2003) PERSEPSI RESPONDEN TERHADAP BERBAGAI MEREK MOBIL BERDASARKAN TOP OF MIND, PERSEPSI RESPOND EN TERHADAP MEREK, BRAND LOYALTY, DAN PERCEIVED QlIAUIY. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
98.30.3384 r. arif.COVER.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB I)
98.30.3384 r. arif.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3384 r. arif.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3384 r. arif.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3384 r. arif.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3384 r. arif.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3384 r. arif.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
98.30.3384 r. arif.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Merek harns dimanage sebagai aset strategi jangka panjang, karena merek mampu membuat harga tinggi mengurangi biaya pemasaran, dan peluncuran produk barn. Demikian pula halnya dalam dunia bisnis mobil, yang kini telah banyak merek mobil yang saling bersaing menguasai pasar. Dari realitas tersebut, peneliti in gin membahas atau mengkaji hal - hal tersebut di dalam penelitian ini, mengenai persepsi respond en terhadap beberapa merek produk mobil, dengan studi kasus pada pemakai mobil di Kota Semarang. Judul yang dipilih : "Persepsi Responden Terhadap Berbagai Merek Mobil Berdasarkan Top of Mind, Persepsi Responden Terhadap Merek, Brand Loyalty, dan Perceived Quality". Dengan melihat ekuitas merek dari sisi konsumen yang diwakili oleh loyalitas mereka kepada merek yang dikonsumsi, kesadaran mereka atas merek tersebut, kualitas yang dirasakan, serta asosiasi atas nama merek yang mereka kenaI, maka dapat ditentukan perumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana top of mind merek produk mobil, berdasarkan kesadaran konsumen atas merek mobil ? Bagaimana persepsi responden atas beberapa merek mobil yang dikenalnya ? Bagaimana tingkat loyalitas merek pada beberapa merek mobil ? Bagaimana tingkat kualitas pada beberapa merek mobil ? Dalam menetapkan suatu masalah pertu diadakan suatu pembatasan lingkup, yang diharapkan dapat terarah dan jelas. Dalam penelitian ini, pembatasan masalahnya adalah sebagai berikut: Nama merek yang akan diidentifikasikan ekuitas mereknya adalah merek utama mobil ( main brand) dan mengesampingkan sub brandnya. Persepsi responden terhadap berbagai merek mobil akan dilihat melalui empat elemennya yaitu top of mind, persepsi responden, loyalitas merek, dan kualitas yang dirasakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi persepsi responden terhadap merek mobil dari sisi konsumen yang diwakili oleh loyalitas konsumen kepada merek yang dikonsumsi, kesadaran konsumen atas merek tersebut, kualitas yang dirasakan, serta persepsi responden terhadap beberapa merek mobil yang mereka kenaI. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk pengembangan ilmu khususnya di bidang manajemen pemasaran, diharapkan juga akan dapat bermanfaat bagi dunia bisnis, khususnya bagi para produsen mobil yang akan memasarkan produknya di wilayah Kota Semarang Populasi yang menjadi obyek penelitian ini adalah para pemakai mobil di kota Semarang. Data yang dapat dipakai untuk menjawab jumlah pemakai mobil adalah data banyaknya sarana angkutan yang dirinci menurut jenis kendaraan di kota Semarang, yang didapat dari data milik Badan Pusat Statistik Kota Semarang (BPS ).Berdasarkan data dari BPS banyaknya sarana angkutan mobil dinas I pribadi di kota Semarang pada tahun 2001 sebanyak 21.565 buah. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling, metode ini merupakan prosedur sampling yang memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai atau diakses (dengan mewawancarai orangorang yang kebetulan dijumpai dijalan-jalan). Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner, yang merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden untuk dijawab. Peneliti membatasi responden pada kelompok usia minimal 18 dan maksimal 52 tahun, sebab mengingat bahwa responden adalah pemakai mobil, maka umur responden termuda adalah responden yang telah memperoleh ijin mengemudi, dan telah memakai mobil. Untuk usia antara 18-52 dianggap, responden telah mampu memberikan tanggapan dan cukup memiliki wawasan yang representatifbagi penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dari 100 responden, tersebut sebanyak 17 merek mobil yang paling sering dipakai oleh responden, terbesar adalah Toyota (32 responden), kemudian berturut - turut adalah Honda (23 responden), Suzuki (11 respond en), Isuzu (7 responden), Mitsubishi (5 responden), Daihatsu (S responden), Mercedes Benz (3 responden), Peugeot (2 responden), Holden (2 responden), Mazda (2 responden), BMW (2 responden), Jaguar, Volkswagen, KIA, Subaru, Opel dan Ford (masing - masing 1 responden). Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dari 100 responden, tersebut sebanyak 17 merek mobil yang terakhirl saat ini dipakai oleh responden, terbesar adalah Toyota (26 responden), kemudian berturut - turut adalah Honda (23 responden), Suzuki (16 responden), Daihatsu (9 responden), Isuzu (6 responden), Mercedes Benz (4 responden), Mitsubishi (4 responden), Timor (2 responden), Mazda (2 responden), Audi, Jaguar, Volkswagen, BMW, KIA, Holden, Ford, dan Opel (masing masing 1 responden). Berdasarkan uraian dan analisa yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Urutan untuk Top of Mind dari yang tinggi adalah Toyota, dan Honda. Nampak bahwa ada persaingan yang sangat ketat antar merek Toyota dan Honda untuk meraih posisi sebagai merek yang memiliki top of mind tertinggi. 2. Nilai persepsi respond en terhadap merek pada merek produk mobil sebagian besar di bangun oleh persepsi responden yang berkaitan dengan, antara lain: Brand Image suatu produk, dapat berupa image yang positif maupun image yang negatif dari suatu merek. Produk, yang meliputi antara lain: jenis yang diproduksi, asal produksi, nama sub brand produk yang bersangkutan, dan model produk. Iklan, yaitu tagline (slogan merek ) suatu produk dalam iklan. - Kualitas produk, dapat bernpa keunggulan maupun kekurangan yang dirniliki oleh suatu merek. - Layanan merek, yang meliputi seperti: harga, sub brand yang dirniliki, dan logo dari suatu produk. 3. Nilai brand loyalty tertinggi adalah brand AUDI, dan nilai perceived quality tertinggi adalah AVDI, sedangkan untuk Nilai brand loyalty terendah adalah brand Volks Wagen, dan nilai perceived quality terendah adalah Yolks Wagen. Berdasarkan kesirnpulan - kesimpulan diatas, maka peneliti mencoba memberikan saran yang mungkin bermanfaat. Adapun saran - saran tersebut adalah sebagai berikut: I. Dalam industri mobil, hendaknya iklan, maupun komunikasi dapat dikomunikasikan dengan baik, disamping juga didukung oleh kualitas produk yang baik, sehingga dapat berpotensi membangun nilai brand image yang positif, nilai kepercayaan yang tinggi, dan opini public yang positif. 2. Setiap merek hendaknya memanfaatkan secara optimal kegiatan pengiklanan, karena itu iklan harns dibuat dengan menampakkan hal-hal yang menarik, mudah diterima, dan informatif, hal ini diperlukan guna membangun nilai brand image dan top of mind yang tinggi. 3. Peningkatan kualitas layanan dan produk sangat diperlukan dan harus terns dipertahankan pada tingkat yang tinggi. Hal ini diperlukan guna membangun nilai brand loyalty dan perceived quality yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Executive management > Total Quality Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 26 Apr 2016 06:12
Last Modified: 11 May 2016 06:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item