PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PLACE BRANDING DAN PROMOSI DESA WISATA BUDAYA PAMPANG SAMARINDA

HARIYANTO, SILVIANA DWIASTUTI (2015) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PLACE BRANDING DAN PROMOSI DESA WISATA BUDAYA PAMPANG SAMARINDA. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.13.0032 SILVIANA DWIASTUTI HARIYANTO cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.13.0032 SILVIANA DWIASTUTI HARIYANTO bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
11.13.0032 SILVIANA DWIASTUTI HARIYANTO bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
11.13.0032 SILVIANA DWIASTUTI HARIYANTO bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text (BAB IV)
11.13.0032 SILVIANA DWIASTUTI HARIYANTO bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
11.13.0032 SILVIANA DWIASTUTI HARIYANTO bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0032 SILVIANA DWIASTUTI HARIYANTO daftar pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Obyek wisata di Indonesia belakangan ini kembali menjadi memiliki daya tarik bagi para pelancong untuk menghabiskan waktu liburan, ataupun menjadi salah satu sarana merilekskan dari kejenuhan beraktivitas harian yang di lakukan. Salah satu obyek wisata yang patut untuk di kunjungi adalah Desa Wisata Budaya Pampang Samarinda, yang memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi, serta nilai seni yang masih sangat orisinil karena masyarakat suku Dayak yang masih terus mewariskan „kekayaan‟ yang mereka miliki secara turun temurun, namun sayangnya obyek wisata ini masih minim akan promosi dan banyak orang yang masih beranggapan bahwa untuk melihat kehidupan ataupun kesenian suku Dayak harus menempuh waktu yang lama dan jarak yang jauh membuat para masyarakat minim untuk datang ke Desa Wisata Budaya Pampang yang berada di Samarinda, sehingga dengan adanya makalah ini membuat para pembaca menjadi tertarik dan mau berkunjung langsung kesana. Dengan melakukan observasi ke lapangan langsung, wawancara dengan bidang pemerintahan, ketua kesenian Pampang, dan ketua adat suku Dayak Kenyah di Desa Pampang, serta studi literatur yang sudah di lakukan mengenai apa saja yang menjadi permasalahan dan mencari informasi lengkap mengenai kehidupan suku Dayak di Desa Wisata Budaya Pampang, serta mencari tahu apapun yang berkaitan dengan Pampang, penulis mendapatkan data untuk di jadikan bahan dalam perancangan makalah ini. Dan dapat di simpulkan bahwa Desa Wisata Budaya Pampang memerlukan place branding serta promosi yang mendukung, dan mampu di wujud nyatakan di kehidupan nyata. Dengan membentuk kerjasama bersama agen travel ataupun co-branding dengan beberapa perusahaan yang mendukung, serta melakukan promosi di media sosial yang secara tidak langsung melibatkan para target sasaran ikut serta mempromosikan diharapkan mampu membuat orang semakin tertarik dan mau untuk berkunjung langsung ke Desa Wisata Budaya Pampang. Perancangan place branding dan promosi ini akan berhasil tentunya akan berhasil, jika pihak Desa Wisata Budaya Pampang dan Pemerintahan mau bekerja sama bersama dalam memajukan obyek wisata ini untuk membuat obyek wisata ini menjadi banyak di kunjungi para wisatawan lokal maupun asing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations > Brands
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 725 Public structures > Recreation facilities
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 07 Dec 2015 05:02
Last Modified: 13 Jul 2023 03:12
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item View Item