TINJAUAN YURIDIS PELAKASAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG MEREK TERHADAP KESAMAAN ATAU KEMIRIPAN PADA MEREK PRODUK MAKANAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO : 402K/Pdt.Sus/2001)

MURTININGTYAS, TRI HAPSARI (2015) TINJAUAN YURIDIS PELAKASAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG MEREK TERHADAP KESAMAAN ATAU KEMIRIPAN PADA MEREK PRODUK MAKANAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO : 402K/Pdt.Sus/2001). Other thesis, Prodi Hukum Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.20.0053 Tri Hapsari Murtiningtyas - COVER.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.20.0053 Tri Hapsari Murtiningtyas - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
09.20.0053 Tri Hapsari Murtiningtyas - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
09.20.0053 Tri Hapsari Murtiningtyas - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
09.20.0053 Tri Hapsari Murtiningtyas - BAB IV.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.20.0053 Tri Hapsari Murtiningtyas - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Globalisasi pasar ditandai dengan adanya perdagangan bebas antara produsen dan konsumen baik dalam negeri maupun luar negeri. Merek tidak saja sebagai tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang mempunyai daya pembedaan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa sebagimana definisi yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Dalam perdagangan barang dan jasa merek menjadi sangat penting.Merek menjadi salah satu kekayaan intelektual berfungsi sebagai tanda pengenal atau daya pembeda dari merek lainnya.Dapat dikatakan bahwa merek merupakan aset bagi pemilik merek yang bersangkutan. Oleh karena itupenulis memilih judul Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Kesamaan Atau Kemiripan Pada Merek Produk Makanan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung No : 402K/Pdt.Sus/2001). Adapun rumusan masalah adalahBagaimana pengaturan hukum terhadap kesamaan atau kemiripan merek terhadap produk makanan ditinjau dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek?Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap pemegang hak merek jika terjadi pelanggaran merek atas kesamaan atau kemiripan merek produk makanan?Hambatan-hambatan apa yang timbul dalam perlindungan hukum terhadap pemegang merek? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.Menggunakan metode pendekatan yuridisnormative, yaitu penelitian hukum yang memperoleh data dari sumber data sekunder.Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian yang bersifat diskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pengaturan terhadap kesamaan atau kemiripan merek dinjau dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 belum diatur secara spesifik,hal ini menimbulkan kegelisahan di kalangan masyarakat maupun lingkup internal Dirjen HaKI sendiri dikarenakan penegakan hukum secara empiris ternyata lamban dan mengkhawatirkan. Perlindungan hukum bagi pemegang hak merek Oreo berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 402 K/Pdt.Sus/2011 menggunakan sistem konstitutif dimana perlindungan hukum sebuah merek berdasarkan sistem pendaftaran yang terdaftar dalam Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual.Hambatan yang timbul dalam perlindugan bagi pemegang merek yaitu kurangnya sosialisasi Undang-Undang Merek, proses pendaftaran merek yang lama dan rumit, dan biaya pendaftaran yang mahal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations > Brands
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Oct 2015 09:22
Last Modified: 21 Aug 2023 02:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item View Item