PENERAPAN METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS

ANDRIYANI, TITIS MUNCAR (2009) PENERAPAN METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani COVER.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0044 Margaretha Lina Wahyu W. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text (BAB V)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode fernald, dan melihat adanya perbedaan ketrampilan menulis anak sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan. Hipotesis yang diajukan peneliti adalah bahwa adanya peningkatan ketrampilan menulis pada anak setelah dilakukan intervensi dengan metode fernald. Subyek penelitian yang mengikuti penelitian remedial teaching ini adalah anak-anak yang berada di kelas 2 sekolah dasar (usia 7 sampai dengan 8 tahun). Subyek yang digunakan berjumlah 2 orang, laki-laki dan perempuan. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen dengan kasus tunggal (single case experiment design), dengan paradigma A-B-A Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan rating scale yang disusun berdasarkan aspek-aspek analisa tulisan, serta aspek-aspek sikap menulis. Pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali pada saat baseline, treetment dan pasca perlakuan. Follow Up yang dilakukan satu kali untuk mengetahui kekonsistenan performansi tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peenrapan metode fernald dapat meningkatkan ketrampilan menulis anak. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya skor subjek sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan, dan dari hasil follow up dapat dilihat adanya kekonsistenan performansi tulisan, sebab skor pasca perlakuan dan follow up cenderung stabil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning
300 Social Sciences
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Sep 2015 01:42
Last Modified: 30 Sep 2015 01:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3910

Actions (login required)

View Item View Item