EDUKASI PENTINGNYA PENGGUNAAN TRANSPORTASI UMUM MENGGUNAKAN GAME VISUAL NOVEL

DWICAHYA, KEVIN (2023) EDUKASI PENTINGNYA PENGGUNAAN TRANSPORTASI UMUM MENGGUNAKAN GAME VISUAL NOVEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.N2.0015 - Kevin Dwicahya - COVER_a.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
19.N2.0015 - Kevin Dwicahya - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
19.N2.0015 - Kevin Dwicahya - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
19.N2.0015 - Kevin Dwicahya - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
19.N2.0015 - Kevin Dwicahya - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
19.N2.0015 - Kevin Dwicahya - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
19.N2.0015 - Kevin Dwicahya - DAPUS_a.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
19.N2.0015 - Kevin Dwicahya - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Transportasi umum memiliki peran penting dalam mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi polusi udara. Namun, di Indonesia, pengguna kendaraan pribadi lebih tinggi daripada transportasi umum. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari cara mengoptimalkan penggunaan transportasi umum dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya transportasi umum. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti merancang dan mengembangkan sebuah game visual novel berjudul "My Heroine From Public Transportation" menggunakan Ren’Py game engine. Game ini dirancang tidak hanya sebagai media edukasi tetapi juga sebagai hiburan yang menarik. Dengan menggunakan genre visual novel, game ini menggabungkan cerita, gambar yang atraktif, dan elemen interaktivitas. Diharapkan bahwa game ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat transportasi umum dan memotivasi mereka untuk menggunakannya, sehingga dapat berkontribusi pada mobilitas kota yang lebih baik dan berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan aplikasi Waterfall. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, untuk memperoleh data yang diperlukan, populasi yang ditentukan akan memainkan game ini, setelah selesai memainkan gamenya populasi akan mengisi kuesioner yang akan menjadi data untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini menarik dan edukatif bagi orang yang memainkannya. Langkah-langkah dalam memainkan game "My Heroine From Public Transportation" bisa langsung mengakses website www.dwicmedia.xyz/download. Dari hasil kuesioner, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya transportasi umum menggunakan game visual novel ternyata dapat menjadi alternatif belajar yang menyenangkan. Dibuktikan dengan hasil pengujian reliabilitas dengan metode Cronbach's alpha, yang menghasilkan nilai 0,946 dan N of items sebanyak 12.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:30
Last Modified: 04 Jul 2024 03:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35843

Actions (login required)

View Item View Item