THE FULFILLMENT OF POPULAR CULTURE CHARACTERISTICS AND MANAGEMENT STRATEGIES FOR POPULARIZING PSIS

PARAMANANDA, FABIANUS ARDITO (2023) THE FULFILLMENT OF POPULAR CULTURE CHARACTERISTICS AND MANAGEMENT STRATEGIES FOR POPULARIZING PSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
18.J1.0025 - FABIANUS ARDITO PARAMANANDA - COVER_a.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
18.J1.0025 - FABIANUS ARDITO PARAMANANDA - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
18.J1.0025 - FABIANUS ARDITO PARAMANANDA - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
18.J1.0025 - FABIANUS ARDITO PARAMANANDA - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
18.J1.0025 - FABIANUS ARDITO PARAMANANDA - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.J1.0025 - FABIANUS ARDITO PARAMANANDA - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img]
Preview
Text
18.J1.0025 - FABIANUS ARDITO PARAMANANDA - DAPUS_a.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
18.J1.0025 - FABIANUS ARDITO PARAMANANDA - LAMPIRAN_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

ABSTRAK Sepak bola adalah salah satu bentuk budaya populer yang dinikmati oleh masyarakat luas. Liga sepak bola tertentu sangat populer sehingga penggemarnya membeli barang dagangan tertentu untuk menunjukkan dukungan mereka. Penelitian ini fokus pada klub sepak bola asal semarang bernama PSIS. Dengan menggunakan sepuluh karakteristik budaya populer yang dikemukakan oleh Dukut (2020) dan jenis strategi manajemen sepakbola yang dikemukakan oleh Andre & Suryawan (2016), penelitian ini menjawab dua pertanyaan: 1) karakteristik apa yang dipenuhi klub PSIS untuk dianggap sebagai produk budaya populer? budaya, dan 2) strategi apa yang dilakukan manajemen PSIS untuk mendukung popularitas tim sepak bola PSIS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan wawancara sebagai instrumennya. Menganalisis dan menafsirkan data yang diperoleh dari 1 orang staf manajemen, dan 3 orang suporter sepak bola yang juga merupakan fans PSIS, penelitian ini menemukan bahwa terdapat delapan dari sepuluh ciri budaya populer yang digunakan untuk menggambarkan upaya popularitas PSIS, yaitu. kepuasan, mudah diperoleh, sifat manipulatif, murah dan terjangkau, gaya hidup global, cerminan kehidupan masyarakat sehari-hari, sifat praktis, dan mendatangkan keuntungan. Terkait strategi manajemen dalam mempopulerkan PSIS, penelitian ini menemukan bahwa manajemen menyediakan 1) fasilitas sepak bola yang memadai: Stadion, lapangan dan perlengkapan latihan, mess pemain, media dan ruang audio visual untuk konferensi pers, administrasi dan ruang fisioterapi; 2) barang resmi: botol minum, bantal, slayer, jaket, kaos oblong; dan 3) media sosial PSIS: IG, FB, YouTube, dan X (Twitter); dan 4) mendatangkan pemain dan pelatih berkualitas. Kata Kunci : PSIS Semarang, sepak bola, supporter, budaya populer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > Culture
300 Social Sciences > Social Support
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 14 May 2024 06:00
Last Modified: 14 May 2024 06:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35430

Actions (login required)

View Item View Item