PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK CACAT GANDA (STUDI KASUS DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG)

Taurina, Fidelis Titis Eka (2010) PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK CACAT GANDA (STUDI KASUS DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG). Other thesis, Prodi Ilmu hukum Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.20.0022 Fidelis Titis Eka T COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.20.0022 Fidelis Titis Eka T BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB II)
06.20.0022 Fidelis Titis Eka T BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (BAB III)
06.20.0022 Fidelis Titis Eka T BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB IV)
06.20.0022 Fidelis Titis Eka T BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.20.0022 Fidelis Titis Eka T DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Anak adalah titipan dari Tuhan yang harus kita jaga, lindungi serta penuhi haknya. Salah satunya adalah hak untuk mendapatkan pendidikan, tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, etnik, budaya dan bahasa, status hukum anak, urutan kelahiran anak, serta kondisi fisik dan/atau mental. Namun banyak anak cacat yang hak atas pendidikannya tidak terpenuhi, terutama anak cacat ganda. Penulis memilih tema tentang pemenuhan hak atas pendidikan yang dikhususkan bagi anak cacat ganda, karena ingin mengetahui seberapa besarkah pemenuhan hak atas pendidikan bagi anak cacat ganda, dengan studi kasus di Dinas Pendidikan Kota Semarang. Berdasarkan latar belakang di atas dapat timbul permasalahan: bagaimanakah pemenuhan hak atas pendidikan bagi anak cacat ganda oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang, faktor yang menghambat pemenuhan hak atas pendidikan bagi anak cacat ganda. Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi dan wawancara atau interview. Data yang terkumpul mula-mula dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif dan disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Dari hasil penelitian diperolehlah data bahwa pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Semarang telah memnuhi hak atas pendidikan bagi anak cacat ganda dengan cara mendirikan 39 sekolah luar biasa, memberikan bea siswa, menyediakan kelas inklusif di sekolah umum dan memberikan bantuan berupa guru bantu yang sekarang statusnya menjadi Pegawai Negeri Sipil. Namun dalam praktek terkadang hak atas pendidikan bagi anak cacat ganda tak terpenuhi karena faktor-faktor yang menghambat, yaitu: biaya, jarak, dan orangtua. Kata Kunci : pemenuhan hak, pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning
300 Social Sciences > 320 Political science > Human Right
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 21 Sep 2015 13:02
Last Modified: 18 Aug 2016 06:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item