STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA CV. MULTI GAMA RAYA SEMARANG

PANGESTU, ADITYA SURYA (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA CV. MULTI GAMA RAYA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
16.D1.0280-ADITYA SURYA PANGESTU-COVER_a.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
16.D1.0280-ADITYA SURYA PANGESTU-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
16.D1.0280-ADITYA SURYA PANGESTU-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
16.D1.0280-ADITYA SURYA PANGESTU-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
16.D1.0280-ADITYA SURYA PANGESTU-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
16.D1.0280-ADITYA SURYA PANGESTU-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
16.D1.0280-ADITYA SURYA PANGESTU-DAPUS_a.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
16.D1.0280-ADITYA SURYA PANGESTU-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Suatu perusahaan harus memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi perubahan-perubahan lingkungan bisnis yang berubah-ubah. Analisis SWOT sering digunakan untuk memformulasikannstrategi. Analisis SWOT adalahhidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskannstrategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Berdasarkan Analisis SWOT pada CV Multi Gama Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik dan pelanggan CV Multi Gama Raya dan sampel dalam penelitian ini adalah 1 pemilik dan 10 pelanggan CV Multi Gama Raya. Adapun metode analisis yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan matrik SWOT, IFAS, EFAS, IE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Multi Gama Raya memiliki nilai pada posisi V yaitu posisi menjaga dan mempertahankan (hold and maintain). Menjaga dan mempertahankan kekuatan yang dimiliki CV. Multi Gama Raya yaitu kualitas produk dan menjaga pelayanan yang selama ini sudah terbangun serta terjalin dengan baik antara pihak dinas dengan pihak CV Multi Gama Raya. Strategi yang cocok untuk CV. Multi Gama Raya yaitu : penetrasi pasar dan promosi penawaran menarik antara barang elektronik maupun meubel. dalam posisi ini CV Multi Gama Raya perlu melakukan strategi yang berhubungan dengan penetrasi pasar yaitu mencari pangsa pasar yang belum terjalin kerja sama atau transaksi terhadap CV Multi Gama Raya. pangsa pasar tidak hanya terpaku di kantor dinas di kota Semarang saja akan tetapi kantor dinas yang lain terutama di wilayah luar kota Semarang karena mereka pasti memiliki anggaran belanja yang berbeda-beda pada setiap tahunnya. Strategi promosi penawaran kualitas produk dan mutu pelayanan untuk mengupayakan peningkatan penjualan dan pengenalan nama CV. Multi Gama Raya ke calon pelangaan untuk mendapatkan banyak customer. Mengembangkan promosi penawaran dengan cara menggunakan pelayanan paket pembelian, melakukan promosi melalui mulut ke mulut yaitu rekomendasi antar pejabat pengadaan maupun antar kepala kantor dinas yang masih aktif dan menjabat, dan melalui keterdekatan dengan user supaya CV. Multi Gama Raya bisa mendapatkan lebih banyak customer baru melalui promosi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:38
Last Modified: 26 Sep 2023 05:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32811

Actions (login required)

View Item View Item