EFEKTIVITAS SENAM "CERDAS CERIA" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS SATU SEKOLAH DASAR

CHELFIA, LILY (2008) EFEKTIVITAS SENAM "CERDAS CERIA" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS SATU SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Magister Sains Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.92.0025 Lily Chelfia COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.92.0025 Lily Chelfia BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
05.92.0025 Lily Chelfia BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
05.92.0025 Lily Chelfia BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
05.92.0025 Lily Chelfia BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
05.92.0025 Lily Chelfia BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0025 Lily Chelfia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.92.0025 Lily Chelfia LAMPIRAN.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk memberikan informasi kepada guru, pendidik dan penyusun kurikulum mengenai Senam "Cerdas Ceria" versi anak-anak yaitu suatu rangkaian gerak yang disusun secara sistematis dan merupakan perpaduan antara senam otak (braingym) dan sentuh agar sehat (touch for health) dengan iringan musik khusus untuk meningkatkan kemampuan membaca. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari seratus orang siswa yang terdiri dari limapuluh siswa sebagai k,elompok eksperimen dengan diberi pelatihan Senam "Cerdas Geria" sebanyak duapuluh empat kali pertemuan dengan dOrasi..1iap pertemuan adalah 30:Tnenit dan lima puluh siswa sebagai kelo pok kontrol dengan tanpa diberi perlakuan apapun. Alat ukur yang digunakan adalah Tes Kemampuan Membaca Permulaan dan hasil anova menunjukkan babwa 1"=J),1J9 dan signifikan pada 0,025 (pS;O,05) berarti ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa ada pengaruh Sen am "Cerclas Ceria" terhadap peningkata kemampuan membaca siswa kelas satu sekolah dasar. Namun setelah satu bulan treatment dihentikan, tidak ada pengaruhnya lagi. Hasil analisis secara terperinci menunju kan bahwa Senam "Cerdas Ceria" dapat meningkatkan kemampuan memahami bacaan namun Senam "Cerdas Ceria" tidak dapat meningkatkan kemampuan mengartikan kata dalam kalimat. Sel"!am "Cerdas Ceria" tidak dapat meningkafkan kemampuan mengartikan kata dala 'kalimat karena siswa kelas 1 dan 2 sekolah dasar berada pad a proses bottom-up karena siswa sedang dalam masa belajar membaca. Pada s at belajar membaca, rekognisi ola-pola huruf dan kata baru terbentuk. Pad a saat penge)1alan awal pola-pola visual yang akan direkognlsi, individu lebih banya emusatkan perhatian aktivasi dari proses pengkodean stimulus proses bottom-up). Pengaruh konteks, harapan individu ferhadap stimulus yang diterimanya (proses top-down) belum begitu besar. Padahal Tes Kemampuan Membaca Permulaan mengenai komponen mengartikan kata dalam i<alimat melioatkan proses top-down sehingga sebagian besa siswaKurang dapat mengerjakan soalsoal ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 21 Sep 2015 13:06
Last Modified: 16 Dec 2016 07:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item