REVIEW KONSUMSI KARBOHIDRAT DAN ZAT GIZI LAIN PADA PERFORMA DAN PEMULIHAN FISIK ATLET SEPAK BOLA INDONESIA REVIEW ON CONSUMPTION OF CARBOHYDRATES AND OTHER NUTRIENTS ON THE PERFORMANCE AND PHYSICAL RECOVERY OF INDONESIAN FOOTBALL ATHLETES

Krisetia, Eunike Amadea (2022) REVIEW KONSUMSI KARBOHIDRAT DAN ZAT GIZI LAIN PADA PERFORMA DAN PEMULIHAN FISIK ATLET SEPAK BOLA INDONESIA REVIEW ON CONSUMPTION OF CARBOHYDRATES AND OTHER NUTRIENTS ON THE PERFORMANCE AND PHYSICAL RECOVERY OF INDONESIAN FOOTBALL ATHLETES. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-COVER_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-BAB I_a.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB II)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-BAB III_a.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB IV)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-BAB IV_a.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB V)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-BAB V_a.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB VI)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-BAB VI_a.pdf

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-DAPUS_a.pdf

Download (464kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17.I2.0025-Eunike Amadea Krisetia-LAMP_a.pdf

Download (203kB)

Abstract

Olahraga sepak bola sangat menuntut secara fisiologis. Selama pertandingan terjadi beragam perubahan aktivitas yang dapat memperburuk kondisi fisik/kesehatan atlet. Asupan nutrisi yang tepat akan menunjang perkembangan fisik dan performa atlet yang optimal. Asupan karbohidrat dapat memperbaiki performa pada paruh kedua. Asupan zat gizi lain dapat memberi manfaat pada kondisi fisik atlet. Pengulasan bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi karbohidrat dan zat gizi lain pada performa dan pemulihan fisik atlet sepak bola Indonesia. Metode pengulasan diawali dengan analisis kesenjangan, pengumpulan literatur, penyaringan literatur, serta tabulasi dan analisis data. Dari pengulasan ini, diketahui bahwa intervensi nutrisi yang diberikan pada atlet Indonesia berupa jus buah, minuman olahraga dan minuman elektrolit, serta cairan lain seperti susu rendah lemak. Pemberian cairan yang mengandung 6-8% karbohidrat dapat menjaga performa atlet, menjaga perubahan mood, mencegah dehidrasi, meningkatkan kadar gula darah dan cadangan glikogen, serta mengurangi tingkat kelelahan. Asupan asam amino rantai cabang bermanfaat memberi rasa kenyang lebih lama, membantu menyediakan energi sel otot, memperbaiki jaringan. Asupan natrium dan kalium menggantikan elektrolit yang hilang, membantu penyerapan glukosa, pemulihan denyut nadi, kontraksi otot, dan menjaga fungsi sistem kardiovaskuler. Asupan kalsium dan magnesium berfungsi menjaga proses metabolisme. Asupan zat besi untuk membantu peredaran oksigen. Secara teori, intervensi nutrisi dapat dipengaruhi oleh etnis, suhu lingkungan, dan ketinggian lokasi. Namun belum banyak penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi intervensi nutrisi dan dampaknya pada performa atlet. Oleh karena itu, dapat dilakukan lebih banyak penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:24
Last Modified: 07 Dec 2022 03:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30357

Actions (login required)

View Item View Item