PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN, KECERDASAN MAHASISWA DAN GENDER TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi empiris pada Universitas Katolik Soegijapranata Dan Universitas Diponegoro Di Semarang)

Sidauruk, Whilman Paschanus Saragih (2020) PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN, KECERDASAN MAHASISWA DAN GENDER TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi empiris pada Universitas Katolik Soegijapranata Dan Universitas Diponegoro Di Semarang). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.G1.0187 - Whilman Paschanus Saragih Sidauruk - COVER.pdf

Download (803kB)
[img] Text (BAB I)
18.G1.0187 - Whilman Paschanus Saragih Sidauruk - BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB II)
18.G1.0187 - Whilman Paschanus Saragih Sidauruk BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB III)
18.G1.0187 - Whilman Paschanus Saragih Sidauruk - BAB III.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB IV)
18.G1.0187 - Whilman Paschanus Saragih Sidauruk - BAB IV.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB V)
18.G1.0187 - Whilman Paschanus Saragih Sidauruk - BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.G1.0187 - Whilman Paschanus Saragih Sidauruk - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.G1.0187 - Whilman Paschanus Saragih Sidauruk - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengenai faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi telah banyak dilakukan. Namun dalam penelitian ini agar analisisnya tidak melebar maka penelitian ini hanya membahas mengenai pengaruh pemahaman kode etik profesi akuntan, kecerdasan mahasiswa dan gander terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata dan Unviersitas Diponegoro di Semarang. Berdasarkan penelitian terdahulu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku etis mahasiswa akuntansi diantaranya adalah pemahaman kode etik profesi akuntan, kecerdasan mahasiswa yang meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Sehingga dalam penelitian ini ditambahkan variable gender dalam mempengaruhi perilaku etis mahasiswa akuntansi. Obyek dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa akuntansi angkatan 2018. Penentuan sampel minimal yang digunakan dalam penilitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan data tersebut dari 120 kuesioner yang disebarkan, ada 100 kuesioner yang dapat diolah yang didapat dari mahasiswa akutansi Unika Soegijapranata dan Undip Semarang. Dikarenakan sampel diambil dari dua Universitas dikota Semarang maka teknik sampling yang digunakan adalah proposional random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang digunakan jika populasi mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan alasan variabel bebas terdiri dari beberapa variabel. Hasil penelitian ini menenunjukan bahwa pemahaman kode etik profesi akuntansi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosonal, dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Sedangkan gender tidak berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 May 2021 06:01
Last Modified: 14 May 2021 06:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item View Item